Inilah Jadinya Jika Robot AI-Da Diminta Melukis!

0
21
Robot Ai-Da yang bisa melukis dengan apik. Foto Ai-Da

AEOMedia – Internasional. Anda yang mengaku pintar melukis sepertinya harus mulai berpikir untuk ganti profesi. 🙂 . Pasalnya, kini ada robot humanoid bernama AI-Da mempunyai kemampuan seperti anda. Pada sebuah acara, robot tersebut memamerkan kemampuannya membuat serangkaian lukisan potret. Semua diprogram dengan kecerdasan buatan dalam bentuk robot humanoid.

Robot humanoid AI akan memamerkan serangkaian hasil lukisan berupa potret dirinya sendiri yang dia buat dengan melihat ke cermin dengan mata kameranya.

Robot ini disebut Ai-Da, terinspirasi dari ahli matematika abad ke-19 Ada Lovelace. Ai-Da merupakan robot ultra-realistis pertama yang mampu menggambar orang dari kehidupan menggunakan matanya dan pensil di tangannya.

Cara Ai-Da melukis sangat menakjubkan. Dia cukup melihat ke cermin, kemudian proses AI dan program algoritma mengubah apa yang dia lihat menjadi koordinat, sebagaimana dilansir Daily Mail, Selasa (16/2/2021).

Baca :  Lagi, Google Pecat Ahli AI. Apa yang Terjadi?
Beginilah hasil lukisan AI-Da, Robot yang diberi kecerdasan buatan
Beginilah hasil lukisan AI-Da, Robot yang diberi kecerdasan buatan

Tangan robotik yang digunakan oleh Ai-Da — yang dikembangkan oleh para insinyur di Leeds — kemudian menghitung jalur virtual, menafsirkan koordinat untuk membuat karya seni.

Robot Humanoid AI-Da mendemonstrasikan kemampuannya melukis dirinya
Robot Humanoid AI-Da mendemonstrasikan kemampuannya melukis dirinya

Pemilik galeri seni Oxford Aidan Meller dan kurator Lucy Seal pun terinspirasi dengan hasil gambar Ai-Da dan mendapatkan ide untuk memamerkan karya tersebut.

Seal mengatakan potret diri yang dihasilkan Ai-Da bisa untuk menjadi gambaran tentang ketergantungan dunia modern pada teknologi di dunia dengan bahan bakar data.

“Kami hidup dalam budaya selfie tetapi kami memberikan data kami kepada (raksasa teknologi), yang menggunakannya untuk memprediksi perilaku kami. Melalui teknologi kami mengalihdayakan pilihan kami sendiri,” ujarnya kepada The Sunday Times.

Kemampuan robot dan AI menunjukkan betapa kelak perkembangan teknologi AI ini membuat kita akan semakin bergantung padanya. Data, menjadi sesuatu yang sangat berharga. Bagaimana menurut kalian hasil lukisan robot ini? Bagus? Kurang Bagus? Atau bagaimana? Silahkan dikomentari, guys!

Baca :  Samsung Ballie Robot Imut Penjaga Rumah

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here