Wednesday, May 18, 2022
spot_img

Mulai Maret, Anda Bisa Beli Rumah DP 0 Rupiah dengan KPR

Must Read

AEOmedia.comKredit rumah KPR bisa dengan uang muka 0% atau tanpa uang muka? Sekarang bisa, eh, maksudnya awal Maret 2021. Ya, ada kelonggaran pemberian relaksasi dari Bank Indonesia (BI) untuk kredit pemilikan rumah (KPR). Uang muka atau DP KPR diberikan pelonggaran hingga 0%. Artinya Beli rumah tanpa uang muka itu mungkin dilakukan.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan pihaknya memberlakukan pelonggaran rasio Loan to Value/Financing to Value (LTV/FTV) KPR menjadi paling tinggi 100%.

“Pelonggaran itu berlaku untuk semua jenis properti seperti rumah tapak, rumah susun, serta ruko/rukan,” tuturnya dalam pengumuman hasil RDP Bulanan secara virtual, Kamis (18/2/2021).

BI juga menghapus ketentuan pencairan bertahap properti inden untuk mendorong pertumbuhan kredit di sektor properti dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko. Kebijakan ini berlaku efektif 1 Maret 2021 sampai dengan 31 Desember 2021.

Baca juga :  Beli mobil TDP 0 Rupiah? Bisa, ada aturannya mulai 1 Maret 2021

Selain untuk KPR, BI ju merilis kebijakan relaksasi pembiayaan kendaraan bermotor. Relaksasi itu dalam bentuk melonggarkan ketentuan uang muka (DP) kredit kendaraan menjadi paling sedikit 0%.

Ketentuan pelonggaran DP kendaraan itu berlaku untuk semua jenis kendaraan bermotor baru. Tujuannya untuk mendorong pertumbuhan kredit di sektor otomotif.

Kebijakan spesial ini dilakukan untuk merangsang angka pertumbuhan kredit yang sangat-sangat melempem pasca pandemi. Perbankan menjadi sektor paling terdampak imbas pandemi ini. Tapi tidak semua Bank bisa memberikan keringanan TDP 0 Rupiah ini, lho. Hanya bank-bank yang performanya bagus, yang mempunyai non performing loan (NPF) di bawah 5% yang bisa memberlakukannya.

Jadi cek Bank langganan anda sekarang!

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Inilah Game Dekor Rumah yang Paling Menarik Untuk Dimainkan

Memang akan sangat mengasyikan jika bisa bermain game yang isinya bercerita tentang aktivitas sehari-hari seperti di kehidupan nyata. Kerennya...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -