AEOmedia.com – Kabar baik untuk sepakbola Indonesia, sebagaimana Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan memberikan izin untuk kegiatan sepakbola bisa kembali hidup di negeri ini. Diawali dengan turnamen pramusim, Piala Menpora 2021.

Hal tersebut diumumkan langsung oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Kamis, 18 Februari. Ia menyampaikan tersebut setelah berkoordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Pada pertemuan antara Kapolri dan Menpora, Listyo menyerahkan surat izin untuk pelaksanaan Piala Menpora. Hal ini diharapkan bisa jadi awal dari kembalinya sepakbola Indonesia, yang sudah vakum sejak pertengahan Maret lalu.

“Kami akan coba memberikan izin terkait penyelenggaraan [kompetisi sepakbola]. Mungkin ditahap awal bapak Menpora akan menyelenggarakan pra kompetisi,” ujar Listyo kepada awak media, setelah pertemuan dengan Menpora.

Baca :  Debut Makan Konate Dapat Pujian Dari Aji Santoso

Pelaksanaan turnamen pramusim jadi tolok ukur apakah kompetisi sepakbola yang sesungguhnya bisa digelar di Indonesia, pada masa pandemi virus corona. Makanya, Piala Menpora boleh dibilang sangat krusial menentukan izin Liga 1 dan Liga 2.

“Tentunya kita akan lihat apakah penyelenggaraan tersebut bisa dilaksanakan sesuai dengan syarat-syarat tersebut. Sore hari (18/2) ini saya serahkan surat izin keramaian untuk kegiatan prakompetisi,” beber Listyo terkait hal itu.

Jika berdasarkan rencana dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), turnamen pramusim ini digelar pada Maret, hingga April. Piala Menpora ini akan diikuti seluruh klub Liga 1 yang terdiri dari 18 tim, dan dua klub dari Liga 2, Sriwijaya FC dan PSMS Medan.

Baca :  AFC Resmi Tunda Piala Asia U-16 dan Piala Asia U-19

Sementara dalam rencana PSSI dan LIB, kompetisi sebenarnya akan dimulai pada Juni, atau setelah Idulfitri. Protokol kesehatan menjadi hal yang paling esensial dalam pelaksanaan turnamen pramusim dan kompetisi.

Diharapkan pada Piala Menpora ini, protokol kesehatan dapat dieksekusi dengan baik, dan jika ada kekurangan, maka bakal dievaluasi supaya lebih baik saat pelaksanaan kompetisi sesungguhnya.

Piala Menpora akan digelar di empat kota dengan 20 klub dibagi ke empat grup pada fase awal. Sejauh ini, Bandung, Solo, Sleman, Malang, hingga Palembang dicalonkan sebagai tuan rumah untuk pelaksanaan turnamen tersebut. (goal – sidkl)

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here