Kyle Krause

AEOMedia.com, Liga Italia – Krause secara resmi diumumkan sebagai pemegang saham mayoritas di Parma pada Jumat (18/9) kemarin. Ia mengakuisisi 90 persen saham, yang menurut laporan Forbes nilainya mencapai lebih dari 100 juta Dolar AS.

Tak cuma itu, Kraus juga mengakuisisi 99 persen saham dari Progetto Stadio Parma, perusahaan yang bertanggung jawab dalam renovasi stadion mereka, Ennio Tardini.

“Hari ini merupakan mimpi yang menjadi nyata. Terima kasih #Parma sudah menyambut saya, terima kasih sudah sudah menerima saya. Menjadi presiden kalian adalah sebuah privilese dalam hidup. #ForzaParma,” cuit Krause di akun Twitter-nya.

Krause, 57 tahun, memiliki bisnis di beragam lini, mulai dari convenience store, pabrik anggur, perhotelan, real estate, hingga sektor pertanian dan olahraga. Hadirnya pria asal Iowa ini tentu memunculkan optimisme soal kebangkitan Parma sebagai tim kuat seperti di periode 1990-an.

Saat itu, kesuksesan Parma dibuktikan dengan raihan sejumlah trofi, di antaranya dua Piala UEFA, satu Piala Winners, dan satu Piala Super Eropa.

Masuknya Krause juga dibarengi dengan pengetahuan soal manajemen sepakbola. Ia merupakan pemilik Des Moines Menace, klub sepakbola di Iowa yang bermain di USL League Two. Meski begitu, ia menyadari bahwa Parma jelas tak bisa dibandingkan dengan timnya yang bermain di divisi bawah sepakbola AS.

Oleh sebab itu, ia ingin membangun Parma secara perlahan. Renovasi stadion merupakan salah satu wujud keseriusannya.

“Parma memiliki nama yang sudah dikenal dunia sejak kesuksesan mereka di tahun 1990-an. Ada kesempatan yang menanti,” katanya, dikutip Forbes.

Masuknya Krause membuat Parma menjadi klub keempat di Serie A yang kini dimiliki oleh orang AS. Sebelumnya, sudah ada AC Milan (Elliott Management Corporation), Fiorentina (Rocco Commisso), dan AS Roma (The Friedkin Group).