AEOMedia.com, Liga Inggris – Wabah corona yang sedang menimpa dataran Eropa tidak menghalangi latihan sepak bola bagi para pemain bola di Inggris Raya.

Perwakilan 20 kesebelasan Liga Inggris 2019-2020 telah sepakat untuk melanjutkan latihan serempak pada Selasa (19/5/2020) sore WIB. Namun, seluruh sesi latihan tersebut akan dipantau langsung oleh operator kompetisi, Premier League.

Dalam pertemuan jarak jauh, Senin 18 Mei 2020, seluruh perwakilan klub sepakat latihan tidak akan melibatkan kontak fisik antarpemain. Hal itu dilakukan demi mencegah penyebaran virus Corona Covid-19 di kalangan pesepakbola ketika berlatih.

Guna memastikan semua klub mematuhi aturan tersebut, Premier League akan memata-matai sesi latihan. Direktur Olahraga Premier League, Richard Garlick menerangkan, pengawasan bisa dilakukan lewat inspeksi mendadak (sidak), pelacakan GPS (Global Positioning System), atau lewat analisa video.

“Secara bertahap, kami akan meningkatkan pengawasan tersebut sehingga bisa menghadirkan inspektur di setiap markas latihan. Itu akan memberikan kami kepercayaan diri bahwa semua protokol dipatuhi,” ucap Richard Garlick, sebagaimana dikutip dari BBC, Selasa (19/5/2020).

Pria berkebangsaan Inggris itu memastikan semua pengawasan akan dijalankan tanpa pemberitahuan lebih dulu kepada klub dengan melibatkan inspektur independen. Itu dilakukan demi menghindari kecurangan yang mungkin saja terjadi pada sesi latihan.

“Kami sedang mempertimbangkan untuk melibatkan tim pengawas independen, yang akan ditingkatkan dalam beberapa hari ke depan. Kehadiran mereka memampukan kami mengawasi semua markas latihan klub tanpa pemberitahuan sebelumnya,” tutup Richard Garlick.