Kabar Peluncuran iPhone 9 masih dinantikan banyak pihak, karena seri ini kabarnya menjadi seri iPhone yang dijual dengan harga murah. BUlan maret menjadi pilihan apple untuk merilis seri ini.

Namun ada kabar buruk perihal jadwal peluncuran si Iphone 9 ini.

Media Nikkei di Jepang melaporkan bahwa produksi massal iPhone 9 atau apapun namanya nanti dimulai pada bulan Februari. Tapi merebaknya wabah virus corona membuat gangguan tak dapat terhindarkan.

“Beberapa sumber mengatakan bahwa targetnya sekarang sangat menantang dan produksi bisa tertunda sampai bulan Maret,” sebut Nikkei.

“Supplier mencoba melakukan yang terbaik untuk memproduksi dan mengapalkan iPhone murah dalam empat minggu. Penundaan tak bisa terlalu lama atau akan berdampak pada strategi penjualan Apple,” tambah Nikkei.

Meski produksi terganggu, ada kemungkinan Apple tetap akan memperkenalkan iPhone 9 di bulan Maret. Namun demikian jika barangnya tidak ada atau langka, hal itu mematahkan tradisi iPhone yang hampir selalu langsung dipasarkan setelah diperkenalkan.

Selain iPhone murah, iPhone 12 juga bisa terimbas jika wabah corona belum dapat dihentikan. Tentu jika benar, hal itu akan sangat merugikan bagi Apple.

“Gangguan suplai iPhone mungkin akan terus terjadi sampai April. Masih ada banyak halangan, dari kelangkaan tenaga kerja sampai transportasi logistik. Ketidakpastian terbesar adalah tak ada yang dapat memastikan apakah virus corona sudah terkontrol,” papar Nikkei.