Quique Setien

AEOMedia.com, Liga Spanyol – Barcelona memutus kontrak Setien dari jabatan pelatih klub, Selasa (18/8/2020) dini hari WIB. Mantan pelatih Real Betis itu didepak usai membawa Lionel Messi dkk puasa gelar pada musim ini.

Di tangan Setien, Barcelona gagal mempertahankan dominasi di Liga Spanyol dalam dua tahun terakhir usai kalah bersaing dengan Real Madrid yang keluar sebagai juara. Ada pun pada ajang Copa Del Rey, Barca tumbang dari Athletic Bilbao di babak perempatfinal.

Tidak hanya itu, Barcelona asuhan Setien juga tampil memalukan di Liga Champions. Blaugrana tersingkir di babak perempatfinal usai dibantai Bayern Munich dengan skor telak 2-8!

Kekalahan tersebut akhirnya berujung pada pemutusan kontrak Setien oleh Barcelona. Pengumuman pemecatan Quique Setien disampaikan melalui akun Twitter @FCBarcelona.

“Quique Setien tak lagi menjabat sebagai pelatih tim. Pelatih baru akan diumumkan dalam beberapa hari ke depan sebagai bagian dari restrukturisasi tim,” begitu isi pernyataan yang dituliskan Barcelona soal pemecatan Setien.

Quique Setien sendiri sebelumnya baru menjabat sebagai pelatih Barcelona pada Januari 2020. Saat itu, dia menggantikan posisi Ernesto Valverde yang ditendang dari Camp Nou.

Total selama tujuh bulan menangani tim Barcelona, Setien sudah menjalani 25 pertandingan di semua kompetisi. Hasilnya, dia membawa Barca menang 16 kali, imbang 4 kali, serta 5 kali tumbang dan tanpa meraih satu pun piala.

Sejumlah nama pun digadang-gadang bakal menjadi calon pengganti Setien di Barcelona. Mulai dari Ronald Koeman, Mauricio Pochettino, hingga Thierry Henry.