Ahmad Riza Patria

AEOMedia.com, Kesehatan – Wagub DKI Jakarta yang kerap disapa Ariza ini menyebut, masyarakat mulai jenuh di rumah dan akhirnya keluar dan tidak menerapkan protokol kesehatan ketat saat di luar rumah.

“Memang masyarakat kita sudah jenuh, capek, kemudian juga euforia, sehingga ingin keluar. Kedua, memang sebagian masyarakat kita belum sepenuhnya disiplin, patuh, dan taat,” kata dia dalam video Pemprov DKI, Jumat (17/7/2020).

Faktor lain yang membuat melonjaknya kasus positif Covid-19 di DKI adalah karena Pemprov memperbanyak tes swab dengan metode polymerase chain reaction (PCR).

“Juga kita di Jakarta meningkatkan testing. Konsekuensi testing yang kami lakukan memang ditemukan adanya penyebaran di beberapa tempat,” ujar Riza Patria.

Meski demikian, Riza Patria memastikan Pemprov tetap membuka data Covid-19 secara transparan, tanpa ditutup-tutupi.

“Kami membuka data secara terbuka, secara transparan, dan terus melakukan identifikasi, testing, tracing. Tujuannya adalah dalam rangka mempercepat identifikasi penyebaran Covid-19, sehingga kita bisa melakukan penanganan, penanggulangan dan pencegahan,” kata Riza Patria.