Google masih menyimpan senjata rahasianya sampai dengan kuartal ketiga tahun 2020 ini. Mereka akan merilis Smartphone Google Pixel 5 dan 5 XL. Dimana bocorannya mulai keluar di internet.

Bocoran ini datang dari YouTuber Jon Prosser yang dikenal lewat channel Front Page Tech. Dilansir detikINET dari GSM Arena, Senin (17/2/2020) dalam videonya Prosser mengatakan telah mendapatkan CAD (computer assisted drawing) yang akan digunakan untuk membuat render Pixel 5 XL.

Prosser mengatakan sebelum mengungkap desain Pixel 5 XL ia telah melakukan proses verifikasi untuk memastikan sumber informasinya benar-benar sahih. Tapi ia tidak menjabarkan lebih lanjut siapa sumber tersebut.

Render yang diperlihatkan Prosser terbilang unik karena sangat berbeda dengan generasi Pixel sebelumnya. Bocoran desain ini hanya memperlihatkan bagian belakang dengan setup kamera yang cukup aneh.

Dalam render ini Pixel 5 XL terindikasi menggunakan tiga kamera belakang yang ditempatkan di bagian tengah ponsel. Jika ponsel flagship kebanyakan menggunakan setup berbentuk kotak atau persegi panjang, render Pixel 5 XL menunjukkan setup berbentuk setengah oval.

Untuk spesifikasi kamera belakangnya, salah satu dari tiga kamera, khususnya yang berada di bagian paling bawah, akan menggunakan sensor ultrawide.

Prosser mengatakan Google masih akan menerapkan tekstur finish yang sama seperti Pixel 4, termasuk bagian belakang yang terbuat dari kaca dengan sentuhan soft matte dan modul kamera yang glossy.

Render yang dibocorkan Prosser tidak menampilkan bagian depan Pixel 5 XL, tapi ia mengatakan ponsel tersebut tetap akan memiliki “dahi” yang ukurannya lebih kecil dibanding Pixel 4. Artinya, Google belum berniat untuk menghilangkan radar Soli untuk Motion Sense dan fitur face unlock-nya.

Prosser mengatakan bahwa render ini hanya satu dari tiga prototipe yang dikembangkan oleh Google, artinya ada kemungkinan render ini tidak akan digunakan di Pixel 5. Dua prototipe lainnya memiliki setup kamera kotak, seperti yang digunakan Pixel 4.

Benar atau tidaknya bocoran ini tentu masih harus ditelusuri lebih lanjut. Tapi, Google memang dikenal sering membocorkan desain dan fitur ponsel barunya sendiri.