Facebook dan instagram boleh diklaim sebagai dua jejaring sosial yang paling menguasai pemakai di seluruh dunia. Namun Ternyata dari jumlah pengunduh Tiktok jauhlebih baik.

Menurut data Sensor Tower, TikTok berhasil mengalahkan Facebook dan Instagram dari segi jumlah unduhan. TikTok berada di peringkat kedua, Facebook di posisi keempat, dan Instagram di urutan kelima. Sementara di urutan pertama dikuasai WhatsApp.

Sebagaimana dikutip dari laman Cnet, Jumat (17/1/2020), TikTok berada di posisi kedua karena telah diunduh lebih dari 700 juta pengguna di sepanjang 2019.

Sebagai informasi, lembaga survei independen ini menghitung data berdasarkan akumulasi jumlah pengunduh aplikasi di Google Play Store (Android) dan App Store (iOS).

Sejak pertama kali diluncurkan pada 2016, India menjadi negara yang penduduknya paling banyak mengunduh aplikasi ini dengan menyumbang 45 persen pengguna.

Belakangan ini, popularitas TikTok memang sedang meroket di kalangan anak muda di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Padahal baru-baru ini, TikTok dicurigai oleh pemerintah Amerika Serikat karena ditengarai sebagai aplikasi mata-mata China.

Bahkan, negara yang dipimpin Donald Trump itu melarang aparat pemerintahan untuk mengunduh TikTok, karena takut data pemerintah dicuri China.

Meski diterjang berbagai isu miring yang didominasi oleh asumsi pemerintah AS, namun jumlah pengunduh TikTok tetap mengalami kenaikan yang drastis tahun lalu.

Selain TikTok, Negara Paman sam juga melarang penggunaan produk asal China lainnya, yakni Huawei.