Ilustrasi puasa. Foto: Suara.

Niat puasa Arafah dan Tarwiyah di bulan istimewa: Ini keutamaannya… – AEOmedia

AEOmedia.com: Kami merangkum Info Belajar Sehat dari Beragam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami dengan judul Niat puasa Arafah dan Tarwiyah di bulan istimewa: Ini keutamaannya….

Niat puasa Arafah dan Tarwiyah.

Tidak terasa bulan depan kita sudah memasuki bulan Dzulhijjah 1442 H. Bulan di mana ibadah haji dilaksanakan setiap tahunnya. Akan tetapi bagi umat Muslim yang tidak berangkat haji, ada beberapa amalan sunnah yang dapat dilakukan, salah satunya adalah puasa.

Ada dua puasa sunnah yang dapat dikerjakan pada bulan ini, pertama puasa Tarwiyah dan kedua puasa Arafah.

Ada sebuah hadits, menyebutkan: “Barang siapa berpuasa 10 hari, maka untuk setiap harinya seperti puasa sebulan. Dan, untuk puasa pada hari Tarwiyah seperti puasa setahun, sedangkan untuk puasa hari Arafah seperti puasa dua tahun.

Ilustrasi puasa. Foto: Suara.
Ilustrasi puasa. Foto: Suara.

Hadits tersebut memang berstatus dhaif atau lemah. Namun, para ulama memperbolehkan umat Muslim untuk mengamalkannya. Pasalnya, puasa tersebut juga bisa memenuhi amalan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

1 Dzulhijjah bertepatan dengan tanggal 11 Juli 2021. Artinya, mulai tanggal 11 Juli umat Muslim sudah bisa melaksanakan puasa.

Puasa Tarwiyah dan Arafah juga sangat dianjurkan oleh Rasulullah karena memiliki banyak keutamaan. Apa saja keutamaan puasa Arafah dan Tarwiyah? Lalu bagaimana bacaan niat puasa Tarwiyah dan Arafah?

Simak penjelasan AEOmedia berikut:

Niat dan Keutamaan Puasa Tarwiyah

Puasa Tarwiyah adalah puasa yang dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah. Tarawiyah berasal dari bahasa Arab tarawwa yang artinya membawa bekal air. Dinamakan puasa Tarwiyah, karena pada hari itu para jamaah haji membawa bekal air Zamzam untuk persiapan perjalanan dari Arafah menuju Mina.

Ilustrasi Puasa. Foto: CNN
Ilustrasi Puasa. Foto: CNN

Tata cara dan ketentuan puasa Tarwiyah tidak berbeda dengan puasa lainnya. Adapun bacaan niat puasa Tarwiyah, yaitu:

وَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِلّهِ تَعَلٰى

Nawaitu shauma tarwiyata sunnata lillaahi ta’aala.

Artinya: “Saya niat berpuasa sunnah hari Tarwiyah karena Allah Ta’ala.

Puasa Tarwiyah dilaksanakan pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Bagi umat Muslim yang mengamalkannya, niscaya akan disukai oleh Allah SWT.

Niat dan Keutamaan Puasa Arafah

Satu hari setelah puasa Tarwiyah, umat Muslim dapat menunaikan puasa Arafah. Puasa Arafah dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah, bertepatan dengan hari saat seluruh jamaah haji wukuf di Padang Arafah.

Ilustrasi Lailatul Qadar. Foto: Pixabay/surgull01
Ilustrasi Puasa. Foto: Pixabay/surgull01

Puasa Arafah sangat dianjurkan bagi mereka yang tidak bisa berangkat haji. Namun, bagi mereka yang melakukan ibadah haji tidak dianjurkan karena membutuhkan stamina yang bagus agar dapat melakukan ibadah secara maksimal. Berikut bacaan niat puasa Arafah:

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِلّهِ تَعَلٰى

Nawaitu shauma arafata sunnata lillaahi ta’aala.

Artinya: “Saya niat berpuasa sunnah hari Arafah karena Allah Ta’ala.

Bagi umat Muslim yang ingin dosanya dihapuskan Allah SWT dapat menjalankan puasa ini. Sebab, salah satu keutamaan puasa Arafah adalah menghapuskan dosa setahun lalu dan setahun kemudian.

Rasulullah bersabda, “Puasa di hari Arafah menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang” (HR. Muslim)

Selain itu, mengamalkan puasa Arafah juga dapat membebaskan seorang Muslim dari api neraka. Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah SAW sebagai berikut: “Tidak ada hari yang di dalamnya Allah membebaskan hamba-hamba dari api neraka lebih banyak daripada di hari Arafah.”

Kesimpulan
Dari sedikit informasi di atas semoga memberikan tambahan pandangan anda dari apa yang sajikan saat ini. Semoga artikel yang membahas Niat puasa Arafah dan Tarwiyah di bulan istimewa: Ini keutamaannya… Ini menjadikan anda semakin tertarik dengan mudahnya mendapatkan informasi dari dari internet.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Niat puasa Arafah dan Tarwiyah di bulan istimewa: Ini keutamaannya… – AEOmedia yang dipublish pada 17 June 2021 di website Berita Portal Online Terkini - AEOmedia.com

Leave a Comment