gejala kampas kopling mobil matic habis

Waspada 5 Gejala Kampas Kopling Mobil Matic Habis

AEOmedia — Ketika mengetahui kampas kopling yang habis, pemilik kendaraan matic dengan sigap perlu menggantinya menggunakan kampas baru. Hal ini akan berakibat fatal jika tidak kunjung ditangani. Adanya kepekaan terhadap benda yang dimiliki sangat diharapkan. Terdapat gejala kampas kopling mobil matic habis yang dapat membantu pemilik mobil dalam menangani hal ini, diantaranya:

1. Getaran Pada Mobil

Ketika mengendarai mobil sepanjang perjalanan terdapat perasaan aneh yang tidak biasa hadir dalam kabin mobil, perlu waspada. Munculnya getaran pada mobil bukan karena jalan yang rusak maupun polisi tidur bisa menjadi pertanda kampas habis.

Gerakan yang dibuat oleh mobil itu tidak wajar, adanya guncangan yang cukup terasa dalam kabin.

Pada saat mobil goyang-goyang itu akan membuat pengemudi dan penumpang lainnya merasa tidak nyaman. Apalagi penggunaan kampas yang asal-asalan tanpa memperhatikannya dengan baik. Jika hal ini terjadi berkelanjutan dan tidak lekas ditangani akan membuat komponen itu gosong dan membuat kampas habis bersih.

Baca juga :  Nissan Z Proto Bakal Resmi Diperkenalkan Awal Tahun

2. Aroma Tidak Sedap

Mobil yang kehabisan kampas pada koplingnya akan menunjukkan aroma tidak sedap dalam kabin. Biasanya aroma itu berupa bau hangus atau mesin yang layaknya terbakar.

Peristiwa ini karena kampasnya habis bersih hingga menyebabkan komponennya gosong dan membuat bau tidak sedap itu.

Jika mengalami hal sedemikian rupa, perlu penggantian kampas kopling karena sudah tidak layak digunakan dan dapat merusak mesin. Bau yang ditimbulkan akibat kampas yang habis ini dapat tercium pada seluruh ruangan dalam kabin mobil.

Hal ini akan menghambat perjalanan juga jika tidak segera ditangani.

3. Tenaga Pada Mesin Berkurang

Adanya gejala kampas kopling mobil matic habis yang dapat dirasakan tapi sering diabaikan itu saat kekuatannya berkurang. Kendaraan akan berjalan lebih lambat dari biasanya.

Baca juga :  Fungsi dan Tips Memilih Kaca Film untuk Mobil Kesayangan - AEOmedia

Tidak hanya itu, ketika mobil digunakan untuk menaiki jalan yang menanjak akan tidak kuat, bahkan cenderung turun. Mobil yang dipakai seperti tidak memiliki tenaga lagi, padahal mesin lainnya terlihat baik-baik saja.

Apabila hal ini terjadi, itu tandanya kampas kopling mulai menipis dan perlu penanganan agar tidak terjadi hal lebih buruk.

4. Bahan Bakar Lebih Boros

Menggunakan mobil dengan jarak tempuh dan kondisi jalanan tidak berbeda jauh dari biasanya, namun mengeluarkan bahan bakar lebih banyak. Hal ini menjadi pertanda menipisnya kampas pada kopling mobil.

Gejala ini tidak begitu nampak, tapi pengendara butuh pengetahuan ini agar tidak terjadi hal tak diinginkan.

Pengeluaran bahan bakar yang berlebihan dikarenakan pengendara itu menekan pedal untuk gas secara mendalam. Hal ini membuat bahan bakarnya lebih banyak terpakai dan membuat kampas semakin tipis.

Jika diteruskan akan merambat pada hal lain yang menimbulkan kerusakkan dan tidak nyaman saat berkendara.

Baca juga :  Viral Mobil Full Stiker, Begini Penampakannya! - AEOmedia

5. Warna Oli Berubah Lebih Gelap

Pada saat melakukan penggantian oli dan melihat warna oli tidak seperti biasanya, butuh kewaspadaan. Jika warna oli menjadi lebih keruh dan condong pada warna hitam berarti ada hal yang telah terjadi dalam mesin.

Kampas kopling yang habis dan dibiarkan akan hangus dan membuat serpihan bubuk yang menyatu dengan oli. Kejadian ini harus cepat mendapatkan penanganan agar membuat pengendara nyaman dalam menggunakan kendaraannya.

Tidak hanya itu, gejala kampas kopling habis jika diabaikan akan memperburuk mesin juga dan memperparah keadaan kendaraan.

Demikian penjelasan mengenai gejala kampas kopling mobil matic habis yang dapat dijadikan untuk tambahan pengetahuan dalam merawat mobil. Perlunya ketelitian serta hati-hati saat mengendarai mobil, akan membantu mengurangi risiko kampas kendaraan habis.

Dony

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Waspada 5 Gejala Kampas Kopling Mobil Matic Habis yang dipublish pada 17 March 2021 di website Berita Portal Online Terkini - AEOmedia.com

Leave a Comment