Presiden Joko Widodo Kenakan Baju Adat NTT di HUT ke-75 RI

AEOMedia.com, Berita Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan Baju Adat NTT (Timor Tengah Selatan), Nusa Tenggara Timur saat menghadiri upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke-75, di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/8/2020)

Jokowi yang didampingi Ibu Negara iriana Jokowi keluar dari Istana Merdeka untuk menuju arena upacara pukul 09.55 WIB. Baju adat Timor Tengah Selatan yang dikenakan Jokowi bermotif merah putih dipadu dengan ikat kepala dengan warna merah pekat.

Mengutip keterangan resmi Sekretariat Presiden, kain yang digunakan Jokowi bermotif Kaif berantai nunkolo. Motif sudah dimodifikasi dari bentuk belah ketupat (motif geometris) dengan batang tengah yang berarti sumber air dan bagian pinggir bergerigi melambangkan wilayah yang berbukit dan berkelok-kelok.

“Warna merah melambangkan keberanian laki-laki nunkolo. Aksesoris selain menambah indah kain tenun ada makna kegunaan praktis,” tulis keterangan resmi.

Dester atau ikat kepala ada 3 jenis Yi U Raja berbentuk 2 tanduk kecil yang artinya fungsi Raja yang melindungi.

Ikat di kepala sebagai penutup kepala sebagai pelindung yang menjadi tanda kebesaran Raja sebagai Mahkota.

Tas sirih pinang dan kapur Budaya makan sirih pinang sebagai budaya pemersatu/persatuan dan juga melambangkan tanda kasih dan hormat, maka kemana pun selalu membawa tas sirih pinang.

Pada Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)/Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Senayan, Jakarta, Jumat 14 Agustus pekan lalu, Jokowi juga hadir mengenakan Kain tenun Khas Sabu Raijua Khas NTT.