Samsung sedang serius menggarap smartphone lipat kali ini giliran Galaxy Z Flip yang bakalan dilepas kepasaran. Sasarannya kali ini adalah China, dimana disana Samsung telah mendapatkan sertifikasi China Compulsory Certifite.

Sebagai informasi, 3C adalah tanda keselamatan wajib untuk banyak produk yang diimpor, dijual, atau digunakan di pasar Tiongkok termasuk perangkat telekomunikasi. Di Indonesia, sertifikat serupa oleh kementerian terkait juga wajib dimiliki bagi perangkat telekomunikasi yang akan diedarkan di tanah air.

Dilansir JawaPos.com dari GSMArena, Kamis (16/1), dari sertifikat 3C terungkap bahwa Samsung Galaxy Z Flip akan hadir dengan pengisian daya cepat 15 W. Perangkat tersertifikasi dengan nomor model SM-F700 yang tepat dengan rumor yang beredar sebelumnya.

Sebagaimana diketahui dan telah beredar sebelumnya, Samsung Galaxy Z Flip akan hadir dengan desain lipat clamshell yang berbeda dari perangkat lipat sebelumnya, Galaxy Fold. Konsep lipatan tersebut menggunakan engsel horizontal yang faktor bentuknya mirip dengan ponsel lipat konvensional yang populer beberapa tahun lalu.

Galaxy Z Flip dikatakan tidak akan menampilkan komponen internal terbaru dan terhebat. Perangkat ini diyakini akan dikirim dengan Snapdragon 855 tahun lalu untuk menukangi sektor performanya di samping pengaturan dua kamera di luar dan kamera selfie 10 MP.

Sementara untuk teknologi layar, Samsung Galaxy Z Flip dikabarkan bakal menampilkan konstruksi Ultra-Thin Glass (UTG), menjadikannya sebagai perangkat pertama di pasar yang melakukannya. Sebelumnya, pada Galaxy Fold, layar merupakan Super AMOLED yang dibungkus dengan lapisan polyimide.

Ada juga desas-desus tentang harga yang beredar menyebutkan kalau Galaxy Z Flip akan dijual jauh lebih murah ketimbang Galaxy Fold sebelumnya. Kisaran harga disebutkan berada di USD 1.000 atau setara dengan Rp 13,6 jutaan.

Samsung sendiri mengadakan acara Unpacked pada 11 Februari mendatang. Di acara tersebut akan dilakukan pengungkapan jajaran flagship S20 Series terbaru, tak lupa Galaxy Z Flip. Patut dinantikan.