hitung bangun rumah 2 lantai

Begini Cara Hitung Biaya Bangun Rumah 2 Lantai

Karena keterbatasan lahan yang terdapat di kota-kota besar di seluruh Indonesia, banyak orang memperluas rumah mereka ke atas daripada ke samping. Tidak ada cukup tanah untuk membangun rumah, sehingga harga naik. Untuk menghindari hal tersebut, maka di artikel ini akan dibahas tuntas perkiraan hitungan biaya bangun rumah 2 lantai agar tidak salah hitung dan merugi.

Faktor yang menjadikan rumah dua lantai sebagai pilihan terbaik. Saat membangun tanah, disarankan untuk membangun rumah dua lantai sekaligus. Selain biaya membangun rumah tingkat minimalis yang relatif murah, kami menemukan beberapa hal yang membuat rumah dua lantai lebih menguntungkan.

Manfaat dan Biaya Bangun Rumah 2 Lantai

Manfaat membangun rumah dua lantai Tentu dari segi harga, membangun rumah dua lantai lebih mahal daripada membangun rumah satu lantai. Akan tetapi, banyak keuntungan yang bisa sobat dapatkan jika membangun rumah dua lantai dengan perhitungan yang benar lho. Pillarhomes melaporkan bahwa ada lima manfaat utama bangun rumah 2 lantai.

1.Area yang lebih besar

Faktor keuntungan pertama yang bisa sobat dapatkan jika membangun rumah dua lantai adalah area rumah akan jauh lebih luas. Jika dilihat dari ukuran tanah maka tidak memiliki jauh perbedaan. Namun, dengan tambahan sedikit biaya untuk membangun rumah 2 lantai maka sobat akan merasakan sensasi ruangan yang lebih luas dan lebar. Contoh jika sobat memiliki luas bangunan 60 meter persegi, maka dengan membangun dua lantai maka luas bangunan menjadi 120 meter persegi.

  1. Privasi yang ditingkatkan

Banyak yang tidak menyadari bahwa rumah adalah tempat di mana Anda dapat memiliki privasi penuh. Namun, dibanyak kasus yang terjadi banyak orang yang melupakan faktor privasi yang satu ini. Dengan sobat membangun rumah berlantai dua maka sobat bisa menyesuaikan tempat privasi jauh lebih aman dibandingkan dengan berlantai satu. Anda bisa mendapatkan lebih banyak privasi dengan menambahkan sedikit premi pada biaya membangun rumah dua lantai dengan desain rumah 2 lantai sederhana.

  1. Tampilan rumah akan menjadi lebih menarik

Hal ini tidak bisa dibantah lagi nampaknya sob, rumah dua lantai terlihat lebih menarik dan elegan untuk dipandang. Tidak peduli seperti apa rumah itu. Secara keseluruhan, rumah dua lantai biasanya menarik untuk dilihat. Padahal, banyak sekali tipe rumah dua lantai yang sangat menarik karena fokus pada penampilan. Apalagi pemandangan dari atas biasanya lebih menarik. Bisa disebut lagi bahwa bagi para pemilik rumah lantai dua merupakan adanya nilai tambah yaitu memiliki pemandangan tersendiri dari dalam rumah.

  1. Biaya lebih terjangkau
Baca juga :  Permudah Klien, Dinasti Arsitek Usung Bisnis Desain Rumah Online - AEOmedia

Biaya membangun rumah dua lantai menjadi pertimbangan utama bagi setiap orang saat membangun rumah. Yang pasti, biaya membangun rumah dua lantai lebih tinggi daripada biaya bangun rumah satu lantai. Namun, melihat perbandingan harga, biaya membangun rumah dua lantai tergolong murah. Misalnya, membangun rumah satu lantai dengan luas 72 meter persegi menghabiskan biaya Rp 100-120 juta.

Nah, jika dibandingkan dengan sobat membangun rumah 2 lantai dengan luas bangunan yang sama maka biaya yang dikeluarkan tidak akan mencapai atau melebihi 200 juta rupiah.

Biaya membangun rumah dua lantai bisa serendah Rp 180 juta, bahkan bisa mencapai Rp 160 juta.  Dengan cara ini, Anda dapat menghemat banyak.

  1. Lebih efisien

Banyak yang belum tahu, namun memiliki rumah berlantai dua tentu lebih hemat. Efisiensi dalam hal ini adalah efisien untuk membuat saluran air dan saluran transmisi.

Berdasarkan konsep yang diusung dari green building, maka bangunan yang memiliki banyak lantai merupakan bangunan yang tergolong baik. Hal tersebut dikarenanakan seluruh saluran yang dibuat di bangunan tersebut memiliki satu arah vertikal yang serupa. Dengan kata lain, tidak banyak jalan setapak yang melintasi dinding rumah.

Panduan untuk menghitung biaya rumah dua lantai terbaru

Setelah Anda memutuskan untuk membangun rumah dua lantai, langkah selanjutnya adalah menghitung biaya membangun rumah dua lantai. Hal ini lebih dipentingkan, karena banyak orang yang ingin membangun rumah dua lantai karena faktor biaya.

Oleh karena itu, pastikan biaya membangun rumah dua lantai tidak sama dengan membangun rumah satu lantai dua kali. Perlu diketahui bahwa ada beberapa pedoman umum untuk menghitung biaya pembangunan rumah dua lantai yang bisa dijadikan pedoman.

  • Biaya tanah tidak boleh digabungkan dengan biaya konstruksi
Baca juga :  Permudah Klien, Dinasti Arsitek Usung Bisnis Desain Rumah Online - AEOmedia

banyak orang menganggap tanah sebagai bagian dari sebuah bangunan. Akibatnya, biaya yang dikeluarkan terlihat sangat tinggi. Padahal, biaya membangun rumah dua lantai tidaklah mahal. Misalnya untuk membeli tanah seluas 36 meter persegi dibutuhkan biaya Rp 100 juta dan membangun rumah sebesar Rp 170 juta. Total biaya yang dibutuhkan adalah Rp 270 juta. Sosok ini terlihat besar seperti sebuah rumah. Namun jika Anda tahu bahwa membangun rumah dua lantai hanya menghabiskan biaya sekitar 170 juta rupiah, angka ini sepertinya tidak terlalu tinggi.

  • Biaya Tukang Lebih Mahal Dari Bahan Bangunan

Banyak yang tidak mengira bahwa biaya tukang atau pengrajin bangunan mampu mencapai 50% dari total pengeluaran untuk membangun rumah. Oleh Karena itu, pastikan untuk memilih tukang yang andal agar tidak membuang-buang uang.

  • Layanan kontraktor bukanlah pilihan jika biayanya sangat terbatas.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kontraktor biasanya memiliki segudang pengalaman. Namun, menyewa jasa kontraktor biasanya meningkatkan biaya konstruksi. Misalnya, membangun rumah berlantai dua dengan empat tukang membutuhkan biaya Rp170 juta. Akan tetapi, jika sobat ingin terima beres alias dikerjakan oleh orang ketiga atau kontraktor, maka biaya yang harus disiapkan mampu mencapai 200 juta rupiah. Pihak kontraktor akan mengkonfirmasi konstruksi seperti yang diminta, tetapi itu akan mahal.

  • Memilih bahan yang sesuai dengan zaman atau tren saat ini

Pemilihan bahan sesuai dengan tren saat ini Jangan takut untuk mengikuti tren bangunan terbaru hari ini. Ini karena mengetahui tren terbaru akan membantu Anda membuat RAB untuk bangunan Anda. Misalnya, menggunakan bingkai aluminium tidak bisa berbeda dengan bingkai kayu.

Namun, bingkai aluminium dapat digunakan selama lebih dari 10 tahun. Dengan kata lain, biaya membangun rumah dua lantai sebenarnya lebih murah dengan rangka aluminium dibandingkan dengan rangka kayu.

Perkiraan biaya untuk membangun rumah tiga lantai

Bagi yang masih bingung bagaimana menghitung total biaya untuk membangun rumah empat lantai, tabel di bawah ini baik-baik saja. Bagan biaya rumah dua lantai berikut ini bisa menjadi pertimbangan untuk membuat RAB rumah dua lantai idaman.

Ukuran bangunan Area biaya Spesifikasi material
36 meter persegi

 

160 juta rupiah-200 juta rupiah

(sederhana)

 

Pondasi default menggunakan batu sungai. Untuk produksi dinding bata merah  kualitas lokal. Rasio semen-pasir dari adonan juga sangat penting: 1 bagian semen dan 7 bagian pasir. Untuk bagian atasnya, papan gypsum bisa menghemat biaya membangun rumah dua lantai. Meski atapnya menggunakan genteng tanah liat. Ubin 30×30 putih paling baik untuk lantai. Gunakan kualitas rendah untuk aksesori seperti pintu, jendela, kusen dan kunci.

 

36 meter persegi

 

200 juta rupiah-235 juta rupiah

(Standar)

Pondasi default menggunakan batu sungai. Walapun dinging bangunan bisa menggunakan batu bata yang lebih baik. Gunakan 1 bagian semen dan 5 bagian pasir sebagai pengikat agar dinding lebih kuat. Rangka hollow yang dipadukan dengan gypsum merupakan alternatif upgrade dari gypsum board. Genteng tanah liat berkualitas tinggi dapat digunakan sebagai genteng. Lantai bisa dibuat dari keramik ukuran lebih besar atau lantai motif dengan biaya membangun rumah dua lantai, tetapi harganya masih cukup terjangkau. Sebagai suplemen, Anda bisa menggunakan suplemen kualitas kelas dua yang terbuat dari kayu, terutama untuk pintu, jendela dan kusen.

 

36 meter persegi

 

235 juta rupiah-300 juta rupiah

(bagus)

Secara keseluruhan itu adalah harga standar dan tidak ada yang lain. Namun, biasanya terdapat beberapa perbaikan dibeberap area bangunan untuk dipoles. Misalnya campuran semen dan pasir bisa dibuat lebih kental. Anda bisa memperbesar ukuran lantai keramik untuk memberikan kesan mewah. Atapnya bisa menggunakan genteng berkualitas tinggi. Aksesori tambahan dan detail interior dapat terus diperhitungkan dalam biaya konstruksi rumah dua lantai ini. Demikian artikel tentang panduan lengkap menghitung biaya membangun rumah dua lantai. Ini adalah referensi terbaik. Pastikan budget Anda pas dan jangan pernah memaksakan diri untuk membangun rumah dengan harga yang melebihi budget Anda.

 

 

Nah, kira-kira begitulah manfaat yang bisa anda dapatkan jika membangun rumah 2 lantai dengan perkiraan dan rincian biaya bangun rumah 2 lantai agar lebih minimalis dan ekonomis untuk hunian idaman sobat di rumah.

Dony

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Begini Cara Hitung Biaya Bangun Rumah 2 Lantai yang dipublish pada 17 November 2022 di website Berita Portal Online Terkini - AEOmedia.com

Leave a Comment