Doa masuk dan keluar masjid, lengkap tulisan Arab hingga artinya

Doa masuk dan keluar masjid, lengkap tulisan Arab hingga artinya – AEOmedia

AEOmedia.com: Doa masuk dan keluar masjid, lengkap tulisan Arab hingga artinya, pada kesempatan kali ini AEOmedia.com akan membahas topik lain yaitu tentang Doa masuk dan keluar masjid, lengkap tulisan Arab hingga artinya, Kami merangkum informasi ini dari beraneka macam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami dengan judul Doa masuk dan keluar masjid, lengkap tulisan Arab hingga artinya.

Melakukan setiap kegiatan alangkah baiknya diawali dengan doa, termasuk masuk dan keluar masjid. Selain untuk menjalankan ibadah, masjid juga merupakan rumah Allah SWT juga. Oleh karena itu, penting bagi umat Muslim untuk menjaga adab di rumah Allah seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Diriwayatkan oleh Imam Muslim, Abu Dawud, Nasa’’I, dan Ibnu Majah, Rasulullah SAW sesampainya di masjid membaca doa masuk masjid. Rasulullah SAW bersabda, “Apabila salah satu kalian masjud masjid, salamlah kepada Nabi SAW (bershalawat), kemudia berdoa: ‘Ya Allah, bukalah pinru-pintu rahmat-Mu untukku’. Ketika keluar masjid, ‘Yaa Allah, sesungguhnya aku memohon fadhilah kepada-Mu’”.

Doa masuk masjid

Berikut doa masuk masjid, lengkap dengan tulisan Arab hingga artinya.

أَعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

A’ûdzu billâhil ‘azhîm wa biwajhihil karîm wa sulthânihil qadîm minas syaithânir rajîm. Bismillâhi wal hamdulillâh. Allâhumma shalli wa sallim ‘alâ sayyidinâ muhammadin wa ‘alâ âli sayyidinâ muhammadin. Allâhummaghfirlî dzunûbî waftahlî abwâba rahmatik.

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya Yang Sedia dari setan yang terkutuk. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Ya Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas Sayyidina Nabi Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Nabi Muhammad. Ya Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukalah bagiku beberapa pintu rahmat-Mu,” (Sumber: Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus Jakarta).

Sumber: Doaharianislami.com

Jika telah mengetahui doanya, segera amalkan dan menjaga adab masuk masjid agar tercegah dari hal-hal yang melanggar etika saat berada di dalam masjid. Dilansir dari Suara, berikut adab masuk masjid.

  1. Memakai pakaian bersih dan rapi ketika akan ke masjid.
  2. Berniat kepada Allah SWT dengan ikhlas untuk datang ke masjid.
  3. Bagi wanita yang hendak ke masjid diwajibkan meminta izin suami atau mahramnya terlebih dahulu.
  4. Berjalan ke masjid dengan tenang dan sopan.
  5. Bergegas ke masjid, tidak menunda-nunda jika adzan sudah berkumandang.
  6. Untuk wanita, harap menutup aurat, tidak memakai perhiasaan dan parfum saat ke masjid.
  7. Membaca doa masuk masjid dan mendahulukan kaki kanan.
  8. Sebelum duduk, dianjurkan melakukan shalat tahiyatul masjid sebanyak 2 rakaat.
  9. Sambil menunggu dimulai sholat berjamaah, dianjurkan berdzikir dan berdoa.
  10. Bersikap sopan, tidak gaduh, tidak berkata kotor dan menjaga anak-anaknya selama di masjid.
  11. Mendengarkan khutbah dengan seksama.
  12. Boleh tidur di masjid dengan syarat. Jika seseorang atau musafir kemalaman dan tidak ada tempat menginap.
  13. Saat keluar masjid dianjurkan mendahulukan kaki kiri dan membaca doa keluar masjid berikut.

Dari hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id RA yang berbunyi:

 إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ افْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ. وَإِذَا خَرَجَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ 

Artinya, “Jika salah seorang di antara kalian memasuki masjid, maka ucapkanlah, ‘Allahummaf-tahlii abwaaba rahmatik‘ (Ya Allah, bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu). Jika keluar dari masjid, ucapkanlah: ‘Allahumma inni as-aluka min fadhlik’ (Ya Allah, aku memohon pada-Mu di antara karunia-Mu)” (HR. Muslim 713).

Kesimpulan
Dari sedikit informasi di atas semoga memberikan tambahan paham anda dari apa yang sajikan saat ini. Semoga artikel yang membahas Doa masuk dan keluar masjid, lengkap tulisan Arab hingga artinya Ini menjadikan anda semakin tertarik dengan sangat mudah dapat info detail dari internet.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Doa masuk dan keluar masjid, lengkap tulisan Arab hingga artinya – AEOmedia yang dipublish pada 16 April 2021 di website Berita Portal Online Terkini - AEOmedia.com

Leave a Comment