Lakukan First Drive, Hyundai Palisade Pilihan Penikmat Premiun SUV

0
22

Bukan hanya city car saja sekarang Hyundai memperluas jajarannya di segmen Sport Utility Vehicle (SUV). Meski mengawali gebrakannya dengan memperkenalkan mobil-mobil listrik seperti Ioniq dan Kona, tapi bukan berarti pabrikan Korea itu melupakan segmen andalannya. Sebelumnya Hyundai punya Kona, Tucson dan Santa Fe yang sudah dikenal publik Tanah Air. Kini, Hyundai melengkapinya dengan menghadirkan Palisade.

Inilah kakak tertua di keluarga SUV Hyundai. Para miliarder di Indonesia mendapatkan pilihan baru untuk SUV mewah. Selain dimensinya yang lebih ebsar dari rata-rata SUV pabrikan Asia yang ada di pasar, harga tertinggi Palisade juga sudah menembus RP 1 miliar lebih. Jadi wajar kalau Palisade akan lebih cocok disebut sebagai mobil orang kaya.

Hyundai ingin bermain di kelas SUV yang satu tingkat di atas Santa Fe, yang di Indonesia bersaing dengan Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Pasar di segmen ini bisa dibilang didominasi oleh dua mode lansiran pabrikan Jepang tadi. Melihat potensi segmen yang belum banyak diisi oleh pabrikan pemain lama, akhirnya Hyundai Palisade resmi diluncurkan di Indonesia pada Desember 2020 lalu.

Baca :  Harga Hyundai Kona Dibanderol Rp. 674,8 Juta di Indonesia

Awalnya, Palisade ditujukan kepada pasar Amerika Serikat yang memang tipikalnya doyan SUV tiga baris berdimensi besar dan bertampang ‘extra’. Seperti tradisinya, Hyundai mengembangkan Palisade disertai kembarannya dari Kia, yaitu Telluride. Menggunakan platform, range varian mesin, dan teknologi seragam, Palisade dan Telluride hanya dipisahkan oleh bahasa desain masing-masing pabrikan.

Untuk pasar Indonesia, Palisade ditawarkan dalam 3 varian. Masing-masing dipasarkan dengan banderol (OTR Jakarta) termurah (Prime) Rp 777 juta, lalu varian tengah Signature Rp 888 juta dan varian termahal Signature AWD Rp 1,078 miliar. Datangnya Palisade ke Indonesia bisa memberikan alternatif SUV keluarga untuk berkendara dengan nyaman, jika Toyota Land Cruiser dirasa terlalu mahal. Nama lain yang bisa dianggap sebagai pesaing adalah Mazda CX-9, BMW X7, Mercedes-Benz GLS, Lexus LX570, dan Audi Q7.

Baca :  Pajero 2021 Jadi Tambah Macho, Yuk Intip Aksesorisnya!

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) belum lama ini mengajak kami untuk merasakan Palisade dalam sebuah perjalanan test drive. Pada 29 Januari 2021 lalu, kami ikut dalam rangkain media test drive Hyundai Palisade, yang digelar dengan rute Jakarta – Bogor – Jakarta dalam sehari. HMID mengajak untuk merasakan performa dan kenyamanan Palisade yang turut didukung oleh fitur-fitur modern nan canggih.

Berhubung kondisi di Jakarta dan Indonesia yang belum reda dari pandemi, test drive dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Tidak banyak peserta dari awak media yang ikut dalam acara ini, disediakan 5 unit Palisade, masing-masing mobil diisi oleh hanya dua orang. Singkat cerita, perjalanan diawali dari kawasan Senayan, Jakarta, di Jumat pagi yang mendung.

Baca :  Pajero 2021 Jadi Tambah Macho, Yuk Intip Aksesorisnya!

Beruntung karena Jakarta masih dalam masa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), jadinya lalu lintas pusat kota yang biasanya padat dalam kondisi normal, justru sangat lancar. Meski Palisade dirancang untuk memanjakan penumpang, saya pilih untuk menyetir di awal test drive ini. Kebetulan juga saya lebih suka menyetir di pagi dan siang hari, energi fisik masih prima.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here