Apple Watch Series 6

AEOMedia.com, Gadget – Apple Watch SE disebut hadir dengan tampilan Series 6 yang dipadukan fungsi esensial Apple Watch. Hanya, perangkat ini menggunakan prosesor yang dipakai pada Series 5.

Apple Watch Series 6 hadir dengan pilihan warna lebih beragam, yakni biru, space gray, gold aluminium dan edisi RED. Apple Watch seri terbaru akhirnya resmi diperkenalkan. Hadir dengan nama Apple Watch Series 6, perusahaan memperkenalkan produk tersebut dalam event yang digelar secara virtual.

“Apple Watch selalu membantu orang hidup tetap sehat dan aktif, dan tahun ini kami meningkatan kemampuannya ke tahap selanjutnya,” tutur CEO Apple, Tim Cook, saat peluncuran acara virtual yang digelar, Rabu (16/9/2020).

Menurut COO Apple, Jeff William, Apple Watch Series 6 merupakan varian Apple Watch paling canggih saat ini.

Hal itu bukannya tanpa alasan, sebab Apple sudah membekali perangkat ini dengan kemampuan mengukur saturasi oksigen dalam darah.

“Dengan kemampuan ini, pengguna dapat mengukur kadar oksigen dalam darahnya langsung dari pergelangan tangan. Prosesnya pun terbilang singkat, hanya 15 detik,” tutur Jeff menjelaskan.

Sebagai informasi, kemampuan ini memungkinkan Apple Watch Series 6 menggambarkan fungsi sistem kardiovaskular penggunanya. Selain hadir dengan kemampuan baru, Apple juga mempunyai desain strap berbeda pada seri terbaru ini.

Hadir dengan nama Solo Loop, strap Apple Watch seri terbaru ini memiliki desain strap yang tersambung secara keseluruhan, dari bagian atas hingga bawah.

Performa smartwatch ini didukung prosesor S6. Prosesor ini diadaptasi dari chip A13 Bionic, tapi sudah disesuaikan dengan kebutuhan Apple Watch. Smartwatch ini memiliki fitur Always On Display dan Always On Altimeter.

Adapun smartwatch tersebut akan dijual dengan harga mulai dari USD 399 (Rp 5,9 juta), sedangkan Apple Watch SE dibanderol dengan harga mulai dari USD 279 (Rp 4,1 juta).

Bersama dengan Apple Watch generasi terbaru ini, Apple turut memperkenalkan watchOS 7. Sistem operasi khusus smartwatch ini hadir dengan tujuh pilihan Watch Face yang dipilih sesuai dengan selera pengguna.

Selain itu, watchOS 7 juga dibekali dengan fitur fitnes dan kesehatan baru, termasuk low-range VO2 Max, pemantau kondisi tidur, pendeteksi cuci tangan otomatis, dan sejumlah tipe latihan baru. Ada pula dukungan penunjuk arah dari aplikasi Maps di versi ini.

Apple juga memperkenalkan fitur Family Setup di watchOS 7. Dengan fitur ini, orangtua memungkinkan menghubungkan akun Apple Watch anak ke iPhone milik mereka.

Melalui fitur ini, Apple ini memungkinkan anak-anak yang belum memiliki iPhone, tetap dapat merasakan pengalaman memakai Apple Watch.