AEOMedia.com, Gadget – Tau kah kamu gadget apa yang menguasai penjualan terlaris tahun ini? Berdasarkan riset terbaru dari Strategy Analytics, Galaxy A51 merupakan smartphone Android tengan penjualan terbaik pada kuartal I (Q1) 2020. Penjualannya mencapai 6 juta unit di dunia dengan dua persen pangsa pasar.

Redmi 8 merupakan smartphone Android kedua terlaris di dunia pada periode yang sama. Pasar smartphone Android pun semakin didominasi dengan model yang lebih terjangkau.

“Pengapalan smartphone global mencapai 275 juta unit pada Q1 2020.,” ungkap Direktur Strategy Analytics, Linda Sui, seperti dikutip dari laman news Strategy Analytics, Jumat (15/5/2020).

“Segmen Android menyumbang pangsa dominan 86 persen dari total pengapalan smartphone pada kuartal tersebut. Sebagian besar smartphone yang dijual secara global saat ini adalah model Android.”

Peringkat enam besar smartphone Android terlaris lain secara berurutan ditempati oleh Galaxy S20+, Galaxy S20+, Galaxy A10s, Redmi Note 8, dan Galaxy A20s.

“Di antara segmen Android, Samsung mengambil empat dari enam posisi teratas di dunia pada Q1 2020, sementara Xiaomi dua. Galaxy A51 (4G) merupakan model smartphone Android dengan penjualan terbaik, dan menyumbang 2,3 persen pangsa pasar dari total pengapalan smartphone global pada kuartal tersebut,” jelas Direktur Eksekutif Strategy Analytics, Neil Mawston.
Associate Director Strategy Analytics, Juha Winter, mengungkapkan banyak konsumen menginginkan smartphone dengan spesifikasi cukup baik dengan harga terjangkau. Hal ini bisa dilihat dengan popularitas smartphone Galaxy A10s, Redmi Note 8, dan Galaxy A20s.

“Karena operator seluler mengurangi subidi dalam beberapa tahun terakhir, dan banyak negara sekarang berada dalam resesi pasca-virus, konsumen smartphone global kini menjadi semakin sensitif terhadap harga, dan mereka mencari model Android baru yang menghasilkan keuntungan besar,” jelaas Winter.

“Galaxy A10s, Redmi Note 8, dan Galaxy A20s merupakan model smartphone Android keempat, lima, dan enam paling populer di dunia, ini tanda lebih lanjut banyak konsumen menginginkan perangkat bernilai baik dengan spesifikasi yang cukup baik dan harga terjangkau. Android memasuki era pasca-premium,” sambungnya.