Pasien Cepat Membaik, Inggris Setujui Obat Covid-19 Molnupiravir

Obat Covid-19 Molnupiravir Asal AS Bakal Diproduksi di Indonesia – AEOmedia

AEOmedia.com: Obat Covid-19 Molnupiravir Asal AS Bakal Diproduksi di Indonesia, beraneka ragam berita terbaru sehat itu nikmat memang tidak akan pernah ada habisnya jika di bahas, dan uniknya lagi selalu ada hal baru di dalam dunia olahraga, maka dari itu AEOmedia.com Akan membahas yang sedang unik di perbincangkan yaitu Obat Covid-19 Molnupiravir Asal AS Bakal Diproduksi di Indonesia.

– – Obat Molnupiravir diyakini mampu mengobati pasien Covid-19 dengan gejala ringan-sedang. Obat asal Amerika Serikat ini dapat diminum di rumah untuk mengurangi pasien rawat inap dan beban di rumah sakit.

Nantinya, Indonesia akan mulai memproduksi obat ini secara mandiri.

Pemerintah menyiapkan obat anti virus baru antara lain Molnupiravir dan Paxlovid. Saat ini Kemenkes sudah mengamankan 400 ribu tablet Molnupiravir yang sudah disiapkan oleh PT Amarox.

PT Amarox juga akan memproduksi sendiri molnupiravir yang rencananya akan dimulai April atau Mei 2022. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta PT Amarox juga bisa memproduksi Paxlovid untuk menghadapi pandemi berikutnya.

Baca juga :  Keluyuran di Pub saat Semi Lockdown, Warga Singapura Terancam Penjara - AEOmedia

Ia mengatakan Indonesia saat ini sedang dalam tahap masuk ke gelombang berikutnya varian Omicron. Diperlukan ketersediaan obat Covid-19 untuk membantu penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Beberapa varian obat yang pasti kita butuhkan adalah obat-obat anti virus seperti Favipiravir dan juga Molnupiravir. Kalau kita bisa dengan segera mendapat akses ke obat-obat tersebut akan sangat membantu untuk penanganan Covid-19 ini,” katanya dalam keterangan resmi Kemenkes, Minggu (16/1).

Indonesia, lanjutnya, merasa sangat penting bukan hanya ketersediaan obat Covid-19 tapi juga pembuatan obat dilakukan di dalam negeri. Berdasarkan pengalaman sebelumnya saat terjadi lonjakan kasus di beberapa negara, Indonesia mengalami kesulitan dari logistik pengiriman obat-obatan ke Indonesia.

“Ini jadi penting sekali kalau kita bisa memproduksi obat dalam negeri dan manufacturing-nya juga dibangun di sini,” kata Budi.

“Diharapkan bahwa semua produk-produk yang kritikal bagi bangsa kita itu diproduksi di dalam negeri dan kita akan memastikan bahwa banyak perusahaan obat dan alat kesehatan di Indonesia sehingga kalau ada pandemi selanjutnya kita tidak bergantung kepada negara lain,” tuturnya.

Baca juga :  11 Negara Diperbolehkan Masuk Arab Saudi, Indonesia Tidak Termasuk - AEOmedia

Obat baru Merck, Molnupiravir, dipelajari pada tahun 2019 oleh sebuah perusahaan nirlaba yang terkait dengan Emory University. Pada bulan Oktober, Merck mengumumkan hasil awal uji coba Molnupiravir. Obat tersebut mengurangi risiko rawat inap dan kematian sekitar 50 persen.

Kandidat obat Covid-19 Molnupiravir, menjadi harapan untuk mengurangi rawat inap dan kematian pasien Covid-19. Pil antivirus eksperimental yang dikembangkan oleh Merck & Co (MRK.N) diklaim dapat mengurangi separuh kemungkinan kematian atau dirawat di rumah sakit bagi mereka yang paling berisiko tertular Covid-19 yang parah. Para ahli memuji obat ini sebagai terobosan potensial.

Jika mendapat izin, obat Molnupiravir yang dirancang untuk menipu kode genetik virus, akan menjadi obat antivirus oral pertama untuk Covid-19. Merck dan mitra Ridgeback Biotherapeutics mengatakan mereka berencana untuk mencari otorisasi penggunaan darurat AS agar sesegera mungkin bisa diluncurkan ke seluruh dunia.

Reuters melaporkan, penelitian sementara yaitu pada 775 pasien dengan mengamati rawat inap atau kematian di antara orang-orang yang berisiko terkena penyakit parah. Ditemukan bahwa 7,3 persen dari mereka yang diberi molnupiravir dua kali sehari selama lima hari dirawat di rumah sakit dan tidak ada yang meninggal dalam 29 hari setelah pengobatan. Itu dibandingkan dengan tingkat rawat inap 14,1 persen untuk pasien plasebo. Ada juga delapan kematian pada kelompok plasebo.

Baca juga :  Kehilangan Bau saat Idap Covid, Hiruplah 4 Aroma Ini 2 Kali Sehari - AEOmedia

Merck mengatakan pengurutan virus yang dilakukan sejauh ini menunjukkan molnupiravir efektif terhadap semua varian virus Korona termasuk Delta yang sangat mudah menular, yang telah mendorong lonjakan rawat inap dan kematian di seluruh dunia baru-baru ini.

Kesimpulan
Dari sedikit kabar di atas semoga memberikan tambahan pikiran seputar dunia kesehatan dari seluruh dunia. Semoga artikel yang membahas Obat Covid-19 Molnupiravir Asal AS Bakal Diproduksi di Indonesia Ini menjadikan anda tambah tertarik

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin.
Repost for: AEOmedia.com

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Obat Covid-19 Molnupiravir Asal AS Bakal Diproduksi di Indonesia – AEOmedia yang dipublish pada 16 January 2022 di website Berita Portal Online Terkini - AEOmedia.com

Leave a Comment