Tarif KRL Jogja-Solo Flat, Perjalanan Lebih Cepat

Update Tarif KRL Jogja-Solo Flat, Perjalanan Lebih Cepat – AEOmedia

AEOmedia.com: Tarif KRL Jogja-Solo Flat, Perjalanan Lebih Cepat, pada kesempatan kali ini AEOmedia.com akan membahas topik lain yaitu tentang Tarif KRL Jogja-Solo Flat, Perjalanan Lebih Cepat, Kami merangkum informasi ini dari Beragam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami dengan judul Tarif KRL Jogja-Solo Flat, Perjalanan Lebih Cepat.

– Perjalanan Presiden Joko Widodo dari Stasiun Tugu, Jogjakarta, menandai peresmian kereta rel listrik (KRL) lintas Jogjakarta–Solo kemarin (1/3). Kereta itu diklaim lebih baik daripada yang sebelumnya beroperasi menghubungkan dua kota tersebut, Prameks, yang berbahan bakar solar.

”Kami operasikan KRL Jogja–Solo yang ramah lingkungan,” tuturnya. KRL mendapatkan pasokan tenaga melalui infrastruktur listrik aliran atas di sepanjang jalur rel listrik.

”Saya kira moda transportasi di negara kita ke depan harus semuanya mengarah pada angkutan yang ramah lingkungan,” sambung mantan wali kota Solo itu.

Kehadiran KRL tersebut dapat memberikan nilai tambah ekonomi bagi warga sekitar. Selain itu, Jokowi berharap KRL lintas Jogja–Solo semakin meningkatkan kualitas pelayanan transportasi massal kepada para pengguna. Dampak lainnya adalah meningkatkan sektor pariwisata. ”Diharapkan ini bisa membantu, baik mobilisasi orang maupun barang dari Jogjakarta ke Solo atau Solo ke Jogja,” kata Jokowi.

Gubernur DI Jogjakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X saat peresmian di Stasiun Tugu, Jogjakarta, berterima kasih atas hadirnya kereta tersebut. Menurut dia, masyarakat yang bekerja atau menimba ilmu dari Solo ke Jogja atau sebaliknya cukup banyak. ”Keberadaan kereta ini memudahkan masyarakat yang mondar-mandir Jogja–Solo,” ungkapnya.

Beroperasinya KRL Jogja–Solo merupakan hasil kegiatan elektrifikasi jalur kereta api lintas Jogja–Solo yang memiliki panjang 62 kilometer. Proyek itu merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN). Lintasannya dimulai dari Stasiun Tugu, Jogjakarta, dan berakhir di Stasiun Solo Balapan dengan 11 stasiun pemberhentian.

KRL dapat bergerak lebih cepat dari kereta rel diesel (KRD) Prambanan Ekspres (Prameks). Waktu tempuh perjalanan KRL Jogja–Solo rata-rata 68 menit. Lebih cepat 10 menit dibandingkan dengan KRD Prameks.

Meski lebih cepat, tarif KRL sama seperti sebelumnya, yaitu Rp 8.000. Tarifnya masih flat untuk semua rute. Nominal itu telah mendapatkan subsidi dari pemerintah melalui skema public service obligation (PSO).

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan elektrifikasi jalur kereta api Jogja–Solo sejalan dengan program presiden yang selalu menekankan untuk mengedepankan konektivitas, integrasi antarmoda, dan modernisasi pada seluruh aspek transportasi di Indonesia. ”KRL Jogja–Solo merupakan KRL pertama yang beroperasi di luar Jabodetabek. Ke depan KRL seperti ini dikembangkan di kota-kota lainnya,” ucapnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Kesimpulan
Dari sedikit informasi di atas semoga memberikan tambahan paham anda dari apa yang sajikan saat ini. Semoga artikel yang membahas Tarif KRL Jogja-Solo Flat, Perjalanan Lebih Cepat Ini menjadikan anda semakin tertarik dengan mudahnya mendapatkan informasi dari dari internet.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Update Tarif KRL Jogja-Solo Flat, Perjalanan Lebih Cepat – AEOmedia yang dipublish pada 15 March 2021 di website Berita Portal Online Terkini - AEOmedia.com

Leave a Comment