Bayern Munich

AEOMedia.com, Liga Champions – Bayern Munich menjadi tim pertama yang mencetak delapan gol dalam fase gugur Liga Champions setelah mereka menghantam Barcelona 8-2, Sabtu (15/8) dini hari WIB.

Itu bukan satu-satunya rekor yang dibuat kampiun Bundesliga dalam malam di Lisbon, saat pasukan Hansi Flick sukses melenggang ke semi-final turnamen.

Tentu saja bukan hanya Bayern yang mencetak rekor, dengan laga bersejarah itu juga berarti salah satu kekalahan memalukan dalam sejarah Barcelona dalam 74 tahun terakhir.

Setelah sukses menjuarai Bundesliga dan DFB-Pokal musim 2019/20, Bayern berpeluang besar mewujudkan treble apabila sukses di Liga Champions.

Thomas Muller dan Philippe Coutinho masing-masing mengemas dua gol, yang dilengkapi dengan aksi Ivan Perisic, Joshua Kimmich, Robert Lewandowski dan Serge Gnabry.

Lewandowski, topskor Liga Champions sejauh ini, menjadi pemain pertama yang mampu mencetak gol dalam delapan pertandingan beruntun atau lebih sejak Cristiano Ronaldo pada April 2018 (11 laga) ketika ia membobol gawang Barcelona di babak kedua.

Itu adalah gol Liga Champions ke-50 bagi Bayern dalam penapilan ke-60 Lewandowski bagi mereka di turnamen tersebut. Hanya Ronaldo yang mampu mencapai angka tersebut dengan jumlah pertandingan lebih sedikit (50 penampilan bersama Real Madrid).

Bagi Flick, hasil tersebut meneruskan musim debutnya yang mengesankan sebagai pelatih, usai menggantikan Niko Kovac yang dipecat pada November 2019.

Ia menjadi manjer ketiga dalam sejarah Liga Champions yang memenangkan enam pertandingan pertamanya sebagai pelatih, setelah Fabio Capello pada 1992/93 dan Luis Fernandez pada 1994/95.

Dan sang bos Bayern juga punya rekor tersendiri, dengan belum ada pelatih yang membawa timnya mencetak gol sebanyak 26 kali dalam enam pertandingan Liga Champions pertamanya sebagai pelatih.

Bayern tengah dalam performa luar biasa di bawah arahan Flick, sukses memenangkan 19 pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi, sebuah rekor bagi tim kasta tertinggi Jerman di semua kompetisi.

The Bavarians sekarang melaju ke semi-final, di mana mereka akan menghadapi pemenang duel antara Manchester City dan Olympique Lyon. Itu akan menjadi penampilan ke-12 mereka di semi-final, hanya kalah dari Madrid (13).