Cerita Lucinta Luna Pertama Kali Masuk Penjara

Lucinta Luna seorang selebgram kontroversial harus merasakan dinginya lantai penjara karena tertangkap menggunakan narkoba jenis ekstasi. Kini dia mendekam di tahanan.

Lucinta Luna sudah mulai beradaptasi setelah menjalani penahanan selama empat hari berjalan ini. Seperti apa pengalaman pertamanya di tahanan?

Dalam wawancara eksklusif dengan detikcom di Polres Jakarta Barat pada Jumat (14/2/2020) kemarin, Lucinta mengungkap pengalamannya saat memasuki sel tahanan. Lucinta Luna awalnya mengira sel tahanan adalah tempat yang ‘menyeramkan’.

“Waktu pertama saya pikirnya kayak film-film di telenovela yang kayak ada yang berantem-berantem gitu, ternyata enggak,” kata Lucinta.

Pada malam pertama, Lucinta Luna merasakan menderita di dalam tahanan. Dia merasa asing di sel tahanan.

“Terus kadang aku pas bangun tidur ‘ini kayak di gua hantu atau di mana sih’, terus tahu-tahu udah terang dan aku nggak bisa lihat jam, karena nggak ada jam. Kalau ada yang lewat aku baru bisa nanya ‘kakak ini jam berapa’ terus diliatin ‘oh jam segini’, ‘oh udah siang ternyata,” jelasnya.

Dipenjara membuat Lucinta Luna benar-benar terputus dari dunia luar. Di sel, kehidupan Luna tidak sebebas dulu kala.

“Jadi aku tuh bener-bener nggak ada komunikasi, nggak ada kabel, jam dinding juga nggak ada. Jadi kita di sana juga harus saling komunikasi satu sama lain,” imbuhnya.

Lucinta Luna juga cerita soal kondisi kamar selnya. Tentunya, kamar sel yang dia tempati tidak senyaman kamar apartemennya.

“Ya semacam kayak satu ruangan, tapi lantainya itu tinggi, di bawah lantainya itu kamar mandi yang udah disekat-sekat. Di situ terdiri dari 5-7 orang, disediakan kasur, bantal sama kipas angin sama selimut,” jelasnya.

Transgender dengan identitas Ayluna Putri ini mulai bersosialisasi dengan tahanan perempuan lainnya. Beberapa di antaranya disebutnya bahkan sangat

“Ternyata di sana itu ada bagian-bagiannya, ada ‘ibunya anak-anak’ yang merangkul,” kata Luna.

Selebgram yang akrab disapa Luna ini merasa diperlakukan dengan baik oleh tahanan lainnya. Bahkan ada beberapa di antaranya yang membantunya ketika kondisi kesehatannya sedikit terganggu.

“Terus kalau ada yang sakit ‘sini… sini… sini’ terus juga ikut ngebantuin,” tuturnya. Bahkan ada teman sel yang bersedia memijat kaki Lucinta Luna yang saat ini mengalami bengkak. Lucinta dibuat terharu akan kebaikan para tahanan lainnya.

“Kayak ini kan aku kan lagi bengkak, karena banyak jalan kali ya, terus ke sana ke sini kurang istirahat, ada yang pijitin, diurut itu aku terharu banget” tuturnya.

Seperti diketahui, Lucinta Luna telah ditetapkan sebagai tersangka kasus penyalahgunaan psikotropika. Lucinta Luna kemudian ditahan di sel tahanan Rutan Narkoba Polda Metro Jaya sejak Rabu (12/2).