Salah satu konvensi game terbesar dunia yakni E3 selalu menjadi pusat perhatian para pecinta game, baik it developer, perusahaan dan juga sponsorship. Acara ini diselenggarakan oleh Entertainment Software Association (ESA).

Namun Anehnya nih, Sony sebagai salah satu pengembang konsol game ternama sudah dua kali ini absen di acara tersebut, aada Apa ?

Kabar ini dipastikan setelah Sony memberikan keterangan resminya lewat situs GamesIndustry.biz. Sony mengatakan visi yang ditawarkan E3 tidak sesuai dengan apa yang mereka rencanakan untuk tahun ini.

“Setelah evaluasi menyeluruh, Sony memutuskan untuk tidak berpartisipasi di E3 2020. Kami menghormati ESA sebagai organisasi, tapi kami merasa visi E3 2020 bukan merupakan venue yang tepat untuk apa yang kita fokuskan di tahun ini,” kata juru bicara Sony

“Kita memiliki deretan judul game yang akan hadir untuk PlayStation 4, dan dengan peluncuran PlayStation 5 yang akan datang, kami benar-benar menantikan tahun penuh perayaan dengan penggemar kami,” imbuhnya.

Juru bicara Sony juga menambahkan bahwa perusahaannya akan lebih fokus kepada penggemar melalui strategi event global. Mereka juga sedang merencanakan ratusan event konsumen yang akan digelar di seluruh dunia.

Pengumuman Sony ini cukup mengejutkan karena Sony telah merencanakan peluncuran PlayStation 5 (PS5) sebelum akhir tahun 2020. Apalagi E3 sering menjadi arena bagi raksasa gaming seperti Microsoft dan Nintendo untuk memamerkan konsol terbaru mereka.

Menyusul kabar absennya Sony, ESA sebagai penyelenggara juga merilis keterangan yang menjanjikan E3 2020 tetap akan menjadi event yang menghibur.

“E3 2020 akan menjadi pertunjukan yang menarik, berenergi tinggi yang menampilkan pengalaman, mitra, area pameran dan program baru yang akan menghibur pengunjung baru maupun lama,” kata ESA dalam keterangan resminya.

Sony sendiri baru-baru ini memamerkan logo untuk PS5 lewat konferensi pers di ajang CES 2020. Tapi logo tersebut terlihat sangat mirip dengan logo PS4, dengan perbedaan hanya di angka ‘5’.