AEOMedia.com – Samsung Galaxy A80 pertama kali diluncurkan di Indonesia pada Juli 2019 lalu. Smartphone ini membawa fitur unik, yaitu mekanisme kamera pop-up dan putar.

Namun, ternyata Samsung telah menghentikan produksi dari Galaxy A80 di Indonesia. Hal ini diungkap oleh Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager Samsung Indonesia.

“Untuk Q1 2020 ini kita sudah enggak produksi (Galaxy A80) lagi. Yang dijual di toko-toko ritel itu mungkin yang last,” ujar Irfan, saat ditemui di sela peluncuran Galaxy A71 dan A51 di Jakarta, Selasa (14/1).

“Kalau mau punya (smartphone) rotating camera mending cepet disikat deh. Karena (Galaxy A80) sudah enggak diproduksi lagi,” sambungnya.

Samsung baru saja meluncurkan smartphone dengan chipset yang sama dengan Galaxy A80, yaitu Galaxy A71. Keduanya sama-sama dibekali chipset Snapdragon 730G.

Oleh karena itu, hadirnya Galaxy A71 dianggap ‘membunuh’ Galaxy A80. Faktanya, produksi Galaxy A80 telah dihentikan oleh Samsung di Indonesia.

Galaxy A71 sendiri tidak menggunakan mekanisme rotating camera seperti Galaxy A80. Smartphone yang diluncurkan bersama Galaxy A51 itu justru menempatkan kamera belakangnya seperti biasa. Uniknya, empat kamera Galaxy A71 itu ditempatkan dalam modul persegi dan disusun seperti huruf L.

Galaxy A71 baru akan dijual di Indonesia pada 20 Januari 2020 mendatang lewat sistem pre-order. Namun, Samsung belum mengungkap detail pre-order tersebut, termasuk harganya.