Fabio Quartararo

AEOMedia.com, MotoGP – Merujuk pada jadwal MotoGP Austria 2020, rangkaian aktivitas di lintasan akan diawali dengan sesi-sesi latihan pada hari Jumat (14/8) ini. Sesi latihan terakhir yang dilanjutkan dengan kualifikasi berlangsung Sabtu (15/8) besok, yang disusul kemudian dengan agenda balapan pada hari Minggu (16/8) di sirkuit Red Bull Ring, Spielberg.

Seperti halnya balapan di Jerez, sirkuit Red Bull Ring akan menjadi medan persaingan dalam dua seri balapan yang digelar secara berturut-turut. Jika di Jerez ada MotoGP Spanyol dan MotoGP Andalusia pada seri pertama dan kedua, Red Bull Ring punya MotoGP Austria pada pekan ini dan MotoGP Styria yang dilangsungkan pada pekan depan.

Dari tiga balapan sejauh ini sudah ada dua pemenang berbeda. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) berjaya dalam kedua balapan di Jerez, sedangkan MotoGP Ceko pada pekan lalu dimenangi oleh rookie Brad Binder dari tim utama KTM.

Hasil-hasil itu membuat klasemen MotoGP 2020 untuk sementara ini masih dikuasai oleh Quartararo yang berada di posisi teratas dengan 59 poin hasil dari dua kemenangan dan finis ketujuh di Brno, Ceko.

Posisi kedua ditempati oleh Maverick Vinales dengan 42 poin. Rider Monster Energy Yamaha itu berhasil jadi runner-up dalam dua balapan di Jerez tapi tercecer ke posisi 14 di Brno.

Sementara posisi ketiga di klasemen MotoGP 2020 untuk sementara ini ditempati oleh Franco Morbidelli (31 poin), yang merupakan rekan satu tim Quartararo. Hasil-hasil sejauh ini sekaligus membuat tiga posisi teratas dikuasai oleh para rider Yamaha.

Juara bertahan Marc Marquez masih absen dalam MotoGP Austria pekan ini. Rider Repsol Honda itu menjadi satu dari tiga rider yang belum punya poin di klasemen MotoGP 2020, bersama Germany Stefan Bradl yang baru tampil satu kali di Brno sebagai pengganti Marc Marquez dan rookie Iker Lecuona dari tim KTM.

Berikut lima besar klasemen MotoGP 2020 sejauh ini:

  1. Fabio Quartararo 59 Point
  2. Maverick Vinales 42 point
  3. Franco Morbidelli 31 point
  4. Dovizioso 31 point
  5. Brad Binder 28 Point