Ini Alasan Esteban Ocon Gantikan Rio Haryanto di Tim Manor Racing

AEOMedia.com –¬†Pembalap Formula 1 asal Indonesia Rio Haryanto harus merelakan kursinya di Manor Racing tersisih dan digantikan Esteban Ocon.

Manajer Rio Haryanto, Piers Hunnisett, menyebut bahwa Esteban Ocon dibantu tim Marcedes dalam mendapat kursi pembalap utama Manor Racing. Pabrikan asal Jerman disebut memberikan sejumlah dana untuk Manor.

Padahal jika Mercedes tidak memberi uang tambahan, Manor diyakini bakal mempertahankan Rio di kursi utama.

“Pilihan terbaik bagi Rio saat ini sebagai pembalap cadangan. Kami kecewa, tapi kita memang tidak punya dana untuk sampai akhir musim. Sementara Mercedes mengeluarkan 1-4 Juta euro untuk Esteban Ocon,” kata Piers saat ditemui di boots Pertamina di GIIAS, Sabtu (13/8/2016)

“Ada peluang, jika masih ada dana lagi Rio bisa balapan di GP Jepang atau GP Brasil,” lanjutnya.

Sebelumnya diberitakan, Rio Haryanto kembali menyapa penggemar di Indonesia setelah membela Manor Racing di pentas Formula 1 (F1). Pembalap asal Solo menyapa penggemarnya di booth Pertamina saat Gakindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) berlangsung.

Pembalap Formula 1 langsung mendapat sambutan antusias dari penggemarnya meskipun kelanjutan Rio di pentas balap F1 baru saja diputus timnya. Seperti diketahui, Manor mendepak Rio dari kursi pembalap utama menyusul masalah dana.

Selain menyapa penggemar, Rio juga mengatakan bahwa dirinya akan mengambil waktu untuk latihan fisik dan mempersiapkan mental sambil menunggu tawaran tim baru.

“Saat ini yang ingin saya lakukan adalah beraktivitas seperti biasa. Sambil mempelajari hal-hal baru,” kata Rio saat ditemui.

Rio menambahkan, dirinya tidak akan menutup kemungkinan menerima tawaran tim lain.

“Tahun ini banyak pembalap yang memiliki kontrak berdurasi satu musim penuh. Kita hanya bisa melihat kondisi di race terakhir nanti apakah nanti ada celah untuk masuk ke tim yang lebih baik tahun depan,” tambah Rio.

Ibunda Rio, Indah Pennywati, membenarkan hal tersebut. Meski mengonfirmasi Manor Racing sudah menawarkan Rio kembali jadi pembalap utamanya musim depan, pendekatan dengan tim lain tetap bakal mereka lakukan.

“Ya setelah ini kami akan beraktivitas biasa. Rio tetap latihan. Tim juga sudah menyusun proposal (pendanaan),” katanya.

Sekadar informasi, selain Rio Haryanto, sejumlah pembalap yang disponsori Pertamina juga melakukan jumpa penggemar di GIIAS 2016. Diantaranya Ali Ardian yang saat ini tampil di ajang GP2.