Tata cara sholat jenazah pria dan wanita, lengkap dengan bacaannya – AEOmedia

  • Whatsapp
Tata cara sholat jenazah pria dan wanita, lengkap dengan bacaannya

AEOmedia.com | Berita Terkini : Tata cara sholat jenazah pria dan wanita, lengkap dengan bacaannya, pada kesempatan kali ini AEOmedia akan membahas topik lain yaitu tentang Tata cara sholat jenazah pria dan wanita, lengkap dengan bacaannya, Kami merangkum informasi terbaru ini dari berbagai sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami.

Sholat jenazah. Foto: Ist.


Rendra Saputra – –

Trending

Tata cara sholat jenazah seperti apa? Ya, selain memandikan, mengafani, kita juga punya kewajiban kolektif untuk mensholatkan jenazah bagi umat Islam sebelum dikuburkan.

Adapun sholat jenazah sendiri punya ketentuan beda dengan sholat pada umumnya. Tata cara sholat jenazah yang perlu diperhatikan, yakni pertama tidak ada ruku, sujud, dan duduk di antara sujud.

Sholat jenazah hanya melakukan empat kali takbir dan salam. Adapun syarat sebelum melakukan sholat jenazah yakni berwudhu, berpakaian yang menutup aurat, untuk mensholatkan jenazah laki-laki maka imam berdiri sejajar dengan kepala mayit.

Adapun tata cara sholat jenazah wanita, maka imam berdiri sejajar dengan perut mayit.
Rukun perlu dipahami sebagai berikut: Niat Untuk jenazah laki-laki sebelum memulai sholat dapat membaca niat:

اُصَلِّى عَلَى هَذَاالْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ كِفَايَةِ اِمَامًا| مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli ala hadzal mayyiti arba’a takbirotin fardho kifayatin imaman/ma’muman lillahi ta’ala.

Sedangkan untuk jenazah perempuan:

اُصَلِّى عَلَى هَذِهِ الْمَيِّتَةِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ كِفَايَةِ اِمَامًا| مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli ‘ala hadzahihil mayyitati arba’a takbirotin fardho kifayatin imaman/ma’muman lillahi ta’ala.

Takbir Pertama Setelah membaca niat selanjutnya melakukan takbir, pada takbir pertama imam dan makmum membaca Surat Alfatihah tidak dijaharkan atau suaranya tidak dilantangkan cukup dalam hati saja.

Takbir Kedua Setelah takbir imam dan makmum membaca shalawat nabi: Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama shallaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrâhim, wa bârik ‘alâ Muhammad, wa ‘ala ali Muhammad, kama barakta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim fil ‘alamina innaka hamidun majid.

Atau cukup membaca: Allahumma sholli ‘alaa Muhammad.

Takbir Ketiga Pada takbir kali ini membca doa meminta ampunan untuk jenazah: Allahummagfir lahu warhamhu wa ‘afihi wa ‘fu’anhu wakrim nuzulahu wa wasi’ madkholahu wagsilhu bilma’i watsalju wal bardi wa naqqihi minadzunubi walkhotoyaya kama yunaqqi atssaubulabyadhu binaddanasi wa abdilhu daaron khoiron min daarihi, wahlan khoyron min ahliho, wa zaujan khoyron min zaujihi waqihi fitnatalqobri wa ‘adzabi nnar.

Takbir Keempat Pada takbir terakhir ini imam dan makmum doa untuk jenazah. Adapun jenazah laki-laki doanya: Allahumma tarimna Ajrohu walataftinna bakdahu. Untuk jenazah perempuan membaca: Allahumma la tahrimna uhroha waltaftina bakdahu.


Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for:
AEOmedia.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *