Thursday, June 30, 2022
spot_img

Tekan Biaya Logistik, Bisnis Jasa Angkut Harus Optimalkan Muatan – AEOmedia

Must Read

AEOmedia.com: Tekan Biaya Logistik, Bisnis Jasa Angkut Harus Optimalkan Muatan, Dunia olahraga memang tidak akan pernah ada habisnya jika di bahas, dan uniknya lagi selalu ada hal baru di dalam dunia olahraga, maka dari itu AEOmedia.com Akan membahas yang sedang unik di perbincangkan yaitu Tekan Biaya Logistik, Bisnis Jasa Angkut Harus Optimalkan Muatan.

Komponen biaya logistik merupakan salah satu faktor penentu yang memengaruhi harga jual dari suatu produk. Indonesia termasuk salah satu negara di Asia Tenggara yang tingkat biaya logistiknya sangat tinggi, yakni mencapai 24 persen dari PDB. bandingkan dengan Singapura yang hanya mencapai 8 persen dari PDB.

Founder dan CEO Zonasea Roland Permana berpandangan penyebab tingginya biaya logistik salah satunya karena cargo imbalance. Pulau Jawa masih menjadi pusat dari pertumbuhan ekonomi, sehingga mengakibatkan inefisiensi pada transportasi laut karena kekurangan jumlah muatan balik dari wilayah atau daerah dengan pertumbuhan ekonomi yang masih rendah terutama pada wilayah timur Indonesia.

Baca juga :  Ekspor RI Bergeliat, ini Ramalan Sri Mulyani untuk 9 Tahun Mendatang - AEOmedia

Menurutnya, dalam mewujudkan pemerataan pertumbuhan ekonomi di setiap wilayah, sekaligus mengurangi disparitas harga, pemerintah melalui program Tol Laut dengan konsep Ship Promote the Trade, menyiapkan kapal dan menciptakan jalur pelayaran ke daerah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (3TP) demi menjaga ketersediaan barang dan menjamin kelangsungan pelayanan angkutan muatan serta penumpang.

Ia menjelaskan, Zonasea merupakan sebuah platform marketplace yang dapat menghubungkan pemilik kapal dengan pemilik muatan, yang umumnya berfokus pada angkutan curah, break bulk, angkutan cair, dan angkutan kimia melalui digital atau secara online.

“Platform ini memungkinkan pemilik kapal dapat mengisi kekosongan untuk perjalanan pulangnya sehingga dari pihak pemilik kargo bisa mendapatkan biaya pengangkutan yang lebih murah daripada biasanya,” ujarnya dalam diskusi virtual, Sabtu (13/3).

Baca juga :  Di Tengah Pandemi, Sejumlah UMKM Malah Mulai Rambah Pasar Mancanegara - AEOmedia

Pada acara webinar ini Roland Permana juga menyinggung bahwa industri maritim juga harus peka dalam menghadapi teknologi disruptif yang akan mengganggu atau bahkan merusak pasar yang sudah ada terutama di bisnis freight forwarder.

Kesimpulan
Dari sedikit informasi di atas semoga memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan seputar dunia olahraga dari seluruh dunia. Semoga artikel yang membahas Tekan Biaya Logistik, Bisnis Jasa Angkut Harus Optimalkan Muatan Ini menjadikan anda semakin tertarik dengan dunia Olahraga.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin.
Repost for: AEOmedia.com

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Uang Suami Milik Istri, Apakah Benar atau Salah ?

Kali ini, Aeomedia menulis dalam bentuk percakapan dan diskusi antara orang-orang di dekat pintu: "Uang suami adalah istrinya, dan...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -