Bayern Munchen vs Barcelona

AEOMedia.com, Liga Champions – Laga big match akan mempertemukan Bayern Munchen vs Barcelona dalam babak perempat final Liga Champions 2019/2020 sesuai jadwal akan digelar di Stadion Da Luz, Portugal, Sabtu (15/8) pukul 02.00 WIB. Kedua tim adalah mantan juara UCL yang masih tersisa hingga 8 besar Liga Champion musim ini.

Skuad Bayern Munchen dan Barcelona diisi oleh para pemain elite dunia, sejak sektor kiper hingga penyerang. Yang paling seimbang adalah lini depan. Sementara, dari sisi lini belakang dan tengah, Die Roten dapat dikatakan unggul daripada El Barca.

Barcelona diprediksi akan kembali memakai formasi 4-3-3 dengan Trio MSG (Lionel Messi, Luis Suarez, dan Antoine Griezmann). Trisula ini layak meningkatkan produktivitas mereka di kompetisi Eropa.

Di La Liga musim ini, anak asuh Quique Setien menjadi tim tersubur dengan 86 gol dalam 38 pertandingan. Akan tetapi, catatan menjebol gawang lawan milik Barcelona di UCL 2019/2020 relatif biasa saja, yakni 13 gol dari 8 laga. Berdasarkan statistik Whoscored, Griezmann masih belum mampu mengulang kecemerlangannya saat di ATM.

Dalam 8 laga di UCL musim ini, sang penyerang asal Perancis hanya memiliki rapor 6,58, jauh di bawah dua rekan trionya: Messi (8,59) atau Suarez (7,60).

Tetapi, Griezmann tetap optimistis soal peluang Barca lawan Bayern. “Kami sangat menantikan laga nanti. Kami telah bekerja dengan baik secara taktik dan kami siap memainkan pertandingan. Kami tahu [laga] ini akan sulit, tetapi kami tahu apa yang mesti kami lakukan untuk lolos ke semifinal,” kata Antoine Griezmann kepada Barca TV.

Di lain pihak, Bayern Munchen datang ke Lisbon dengan catatan gol yang istimewa. Dari 8 laga yang dijalani di UCL musim ini, skuad arahan Hans Flick telah mencetak 31 gol.

Artinya rerata gol per pertandingan mencapai 3,8. Pulihnya bek Niklas Sule usai mengalami cedera panjang membuat Bayern lebih percaya diri.

Meski diperkirakan tak akan bermain sejak sepak mula, tenaga pemain timnas Jerman itu bisa dimanfaatkan dalam momentum penting kala Die Roten butuh bermain lebih bertahan. “Kami telah menganalisis laga melawan Chelsea dan melihat situasi bahwa kami bisa bermain lebih baik.

Saya pikir kami menampilkan performa yang baik, tetapi kami harus lebih berkonsentrasi pada diri kami sendiri,” ucap Niklas Sule sebagaimana dikutip laman resmi klub.

Prediksi Barcelona vs Bayern

Berdasarkan hitung-hitungan Whoscored, Bayern Munchen menjadi salah satu tim terbaik dalam urusan gol (31 gol), shots per game (23 kali), penguasaan bola (61,6 persen), hingga akurasi umpan (88,5 persen) di UCL musim ini. Artinya, kekuatan wakil Jerman tersebut cukup mengerikan.

Demi membendung segala keunggulan tersebut, Barcelona diperkirakan bakal bermain lebih kalem untuk tidak terpancing melakukan permainan terbuka. Sosok Sergio Busquets, yang kembali tampil usai akumulasi kartu, bakal cukup vital. Begitu pula lini pertahanan yang dipimpin oleh Gerard Pique.

Bukan tidak mungkin, skema serangan balik cepat akan diusung Barcelona untuk mencuri gol dan berharap pada kesalahan individu para pemain Munchen. Namun, jika gagal dan kehilangan kesabaran, Munchen bisa mengambil alih permainan.

Barcelona vs Bayern Munchen
13/05/2015: Bayern Munchen vs Barcelona 3-2
07/05/2015: Barcelona vs Bayern Munchen 3-0
24/07/2013: Bayern Munchen vs Barcelona 2-0
02/05/2013: Barcelona vs Bayern Munchen 0-3
24/04/2013: Bayern Munchen vs Barcelona 4-0

Lima Laga Terakhir Bayern Munchen
09/08/2020: Bayern Munchen vs Chelsea 4-1
31/07/2020: Bayern Munchen vs Marseille 1-0
05/07/2020: Bayer Leverkusen vs Bayern Munchen 2-4
27/06/2020: Wolfsburg vs Bayern Munchen 0-4
20/06/2020: Bayern Munchen vs Freiburg 3-1

Prediksi Susunan Pemain Barca vs Bayern

Barcelona: Andre ter Stegen; Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Frenkie de Jong, Sergio Busquets, Ivan Rakitic; Antoine Griezmann, Luis Suarez, Lionel Messi.

Bayern Munchen: Manuel Neuer; Joshua Kimmich, Jerome Boateng, David Alaba, Alphonso Davies; Leon Goretzka, Thiago Alcantara; Serge Gnabry, Ivan Perisic, Thomas Muller; Robert Lewandowski.