Neymar

AEOMedia.com, Liga Champions – Kemenangan PSG tidak lepas dari penampilan gemilang Neymar. Penyerang asal Brasil itu bahkan dinobatkan sebagai man of the match.

Meski tidak mencetak gol pada pertandingan melawan Atalanta, kiprah Neymar terbilang krusial. Gol pertama PSG juga lahir berkat umpan dari mantan pemain Barcelona itu.

Statistik pertandingan mencatat, Neymar menunjukkan skill menggiring bola yang mumpuni. Seperti dilansir dari ESPN, Neymar setidaknya mencatat 16 take-ons melawan Atalanta sekaligus menyamai torehan Lionel Messi saat bertemu Manchester United, 2008 dan Javier Zanetti vs Dynamo Kyiv 2003 lalu.

Catatan ini sekaligus mempertegas status Neymar sebagai raja diribbling beberapa tahun terakhir. Sejak 2016-17, empat posisi teratas untuk urusan menggiring bola semuanya direbut Neymar, dengan rincian, 16 vs Atalanta, 2020; 15 vs Juventus, 2017; 13 vs Napoli, 2018; 13 vs Real Madrid, 2018.

Kemenangan PSG atas Atalanta juga menorehkan catatan menarik lainnya. Apa saja, simak di halaman berikutnya :

1. Ini menjadi kali pertama PSG mengalahkan wakil Italia di Liga Champions Eropa. Sebelumnya, PSG mencatatkan empat hasil imbang dan dua kali kalah. PSG juga belum sekalipun menorehkan clean sheet saat bertemu tim-tim dari Negeri Pizza.

2. Ini menjadi kali kedua PSG lolos ke semifinal Liga Champions Eropa dan kesempatan itu kembali datang setelah 25 tahun dari semifinal terakhir. Sebelumnya, PSG lolos ke semifinal saat ditangani Luis Fernandez pada tahun 1994/95, di mana mereka akhirnya kalah agregat 0-3 dari AC Milan.

3. Di luar pertandingan yang berlangsung hingga perpanjangan waktu, PSG merupakan tim keempat yang tertinggal hingga menit ke-90 tapi berhasil memenangkan pertandingan pada fase knock out Liga Champions.

Tiga tim lainnya, Manchester United vs. Bayern Munich di final 1999, Bayern Munich vs Chelsea di babak perempat final 2005, and Borussia Dortmund vs Malaga di babak perempat final 2013.