AEOMedia.com – Persaiangan di dunia teknologi digital makin bergeliat. Khusus untuk aplikasi video call yang makin tenar digunakan di tengah pandami virus Corona ini.

Salah satu terobososan kini diluncurkan Facebook. Facebook ternyata punya senjata rahasia untuk mengalahkan aplikasi rapat online Zoom. Caranya dengan menggabungkan WhatsApp dengan Messenger Rooms yang membuat pengguna WhatsApp bisa video call dengan 50 peserta dalam satu panggilan.

Messenger Rooms merupakan fitur rapat online dari Facebook yang pengguna bisa melakukan video call secara private dengan membagikan link. Orang yang tidak memiliki akun Facebook bisa bergabung dalam video call tersebut. Ruang percakapan digital ini mampu menampung 50 peserta dalam satu kali panggilan.

Kolaborasi dengan WhatsApp sudah terlihat dalam WhatsApp beta versi 2.2019.6 untuk iOS dan WhatsApp versi 2.20.139 versi Android, seperti dikutip dari WABetaInfo, Selasa (12/5/2020).

Jadi dalam menu WhatsApp (ikon klip kertas) akan ditemukan shortcuts Messenger Rooms. Pengguna WhatsApp tinggal meng-klik ikon gambar video tersebut untuk mulai menggunakan Messenger Rooms.

Selanjutnya pengguna akan diarahkan ke aplikasi Messenger milik Facebook, setelahnya mengaktifkan fitur Rooms dan bisa video call dengan 50 peserta sekaligus.

Untuk bisa mencoba layanan ini, kamu harus ikut Google Beta Program. Caranya mendaftar di Google Play Store. Jumlah yang ikut program ini dibatasi, jadi siapa cepat dia dapat.

WhatsApp baru saja menambahkan jumlah peserta video call. Bila dulu pesertanya cuma empat orang,kini bisa WhatsApp video call dengan delapan orang sekaligus.

Sebelumnya, Vice President Messenger Facebook Stan Chudnovsky, fitur Messenger Rooms akan diintegrasikan dengan Instragram Direct, WhatsApp, dan Portal.

“Komunitas kami semakin banyak beralih ke Messenger dan WhatsApp untuk tetap terhubung,” ujar Stan Chudnovsky seperti dilansir dari Venture Beat.

Namun, panggilan hingga 50 orang ini hanya berlaku untuk layanan Whatsaapp Web, alias harus dilakukan di desktop. Laporan di WABetaInfo menunjukkan bahwa fitur tersebut telah tersedia untuk beberapa pengguna di tengah kebijakan Work From Home (WFH) di tengah pandemi virus corona.

WABetaInfo melaporkan fitur itu akan tersedia di versi web Whatsapp 2.2019.6 yang akan segera diluncurkan. Peluncuran Messenger Room pada Whatsapp diharapkan menjadi alternatif konferensi video real-time banyak orang seperti Zoom, Microsoft Tim, dan Google Meet.

Peluncuruam Messenger Rooms pada Whatsapp desktop akan menambah pukulan bagi Zoom yang telah lebih awal menghadapi banyak masalah keamanan dan privasi. Sedangkan Google Meet mengharuskan pengguna untuk memiliki akun email di Gmail.

Adapun Google Duo yang sempat meminta nomor telepon untuk masuk telah menghapus persyaratan itu agar dapat unggul dalam persaingan layanan konferensi video yang dimulai sejak lockdown terkait Covid-19 melanda dunia.

Pada saat meluncurkan Messenger Rooms, CEO Facebook Mark Zuckerberg telah mengindikasikan bahwa fitur itu akan dapat beroperasi di Whatsapp, Instagram, dan Portal yang merupakan aplikasi obrolan video milik Facebook.

Peluncuran uji coba integrasi Whatsapp dengan Room adalah bukti yang cukup bahwa Facebook berharap untuk segera menawarkan pengalaman tanpa batas kepada pengguna di seluruh keluarga aplikasi.

Peluncuran fitur itu dikabarkan akan memakan waktu cukup lama mengingat fakta bahwa Messenger Rooms sendiri belum tersedia untuk semua pengguna di seluruh duni