Awas Virus Pengguna Windows 7 Wajib Upgrade OS nya

Microsoft akhirnya mengumumkan kabar sedih bagi pengguna Windows 7. Mulai besok 14 Januari 2020,pengguna OS ini tiak akan mendapatkan pembaruan perangkat atau perbaikan keamanan.

Mengutip laman resmi perusahaan, sistem operasi ini sudah berusia 10 tahun sehingga ada perubahan-perubahan yang dinilai perlu dilakukan. “Ketika Windows 7 mencapai akhir dukungan pada 14 Januari 2020, komputer Anda masih akan berfungsi tetapi Microsoft tidak akan lagi memberikan dukungan teknis untuk masalah apapun, pembaruan perangkat lunak dan pembaharuan atau perbaikan keamanan,” tulis laman tersebut, dikutip CNBC Indonesia, Sabtu (11/1/2020).

Perusahaan ini menyebutkan bahwa meski dukungan sudah tak diberikan, namun PC yang menggunakan Windows 7 masih akan dapat digunakan. Namun sudah barang pasti akan menjadi rentan terhadap virus dan malware.

Untuk tetap beroperasi dengan aman, Microsoft menyarankan pengguna untuk segera melakukan upgrade sistem operasinya ke Windows 10 dan mengganti perangkat komputernya.

“Meskipun dimungkinkan untuk menginstal Windows 10 pada perangkat lama Anda, itu tidak dianjurkan,” masih menurut laman tersebut.

Windows 7 memang sudah beroperasi selama satu dekade bahkan lebih setelah diluncurkan pada 22 Juli 2009. Hingga saat ini, 39% dari total pengguna Microsoft masih menggunakan sistem operasi ini.

Sebenarnya, dukungan yang diberikan Microsoft kepada Windows 7 sudah lama dikurangi, dimulai pada 13 Januari 2015. Selama periode tersebut hingga saat ini sebenarnya Windows 7 berada pada fase ‘extended support’.

Pada periode ‘extended support’ ini, sudah tak ada lagi fitur baru dan klaim garansi tidak lagi berlaku. Microsoft hanya memberikan dukungan untuk pembaruan guna ‘menambal’ sistem operasi ini untuk memastikan keamanan dan perbaikan bug.

Sedangkan untuk fase setelah 14 Januari 2020 nanti dinamakan end of life. Sehingga sudah tak akan ada bantuan sama sekali bagi pengguna yang masih menggunakan Window 7.