Fujifilm Luncurkan Kamera Khusus Pemula

AEOMedia.com – Fujifilm meluncurkan X-A7, kamera mirrorless seri X terbarunya yang juga merupakan kamera karya Fujifilm dengan penawaran harga paling terjangkau. Kamera ini diperuntukan bagi pemuda dan hadir dengan desain serta layout sederhana.

Fujifilm membekali X-A7 dengan tombol kendali berjumlah lebih sedikit serta memboyong lebih banyak tombol pengaturan fokus pada antarmuka layar sentuh kamera ini, seperti yang dilaporkan oleh GSM Arena.

X-A7 didukung oleh sensor APS-C 24.2MP baru, diklaim Fujifilm memiliki titik pada fitur Phase Detection Auto Focus (PDAF) 8,5 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan pendahulunya, Fujifilm X-A5.

Selain itu, kamera ini juga mendukung fitur pelacak wajah dan mata. Fujiifilm X-A7 juga berbekal fitur video lebih canggih, termasuk perekaman video beresolusi 4K pada 30fps dan resolusi 1080p pada 60fps.

Sayangnya, perekaman video ini memiliki batasan selama 15 hingga 30 menit, meski bagi pengguna kasual, batas durasi waktu dinilai cukup. Di bagian belakang, terdapat layar LCD 3,5 inci dengan rasio aspek 16:9 sehingga video tampil tanpa terpotong.

Layar LCD ini juga merupakan layar sentuh dan dapat secara penuh diartikulasikan serta menghadap ke arah depan, memudahkan bagi pengguna yang ingin memotret diri sendiri atau merekam video untuk kegiatan vlog.

Ditujukan untuk pemula, Fujifilm juga menambahkan Bright Mode, fitur dengan dukungan HDR untuk menghasilkan gambar lebih terang dan foto lebih cerah tanpa mengubah pengaturan. Selain itu, Fujilfilm juga membekali kamera ini dengan sejumlah mode dan scene lainnnya.

Mode dan scene tersebut termasuk Light Trails, memungkinkan pengguna dengan pengalaman memotret minim untuk memperoleh hasil foto atau video yang diinginkan tanpa perlu kerepotan soal pengaturan.

Fujifilm X-A7 juya berbekal konektivitas nirkabel dalam bentuk Bluetooth LE untuk memudahkan proses transfer foto dari kamera ke ponsel. Tersedia juga port USB-C untuk menghubungkan kamera ke PC dan untuk pengisian daya.

Kamera mirrorless terbaru Fujifilm ini dipasarkan seharga USD700 (Rp9,7 juta), dan ditawarkan dengan lensa kit Fujinon XC15-45mmF3.5- 5.6 OIS PZ. Kamera ini akan tersedia dalam empat pilihan warna, yaitu Camel, Dark Silver, Mint Green dan Silver.