Kartika Putri dan Dokter Richard Lee. Foto: Instagram

Akses akun Instagramnya, Dokter Richard Lee jadi tersangka – AEOmedia

AEOmedia.com: Akses akun Instagramnya, Dokter Richard Lee jadi tersangka, pada kesempatan kali ini AEOmedia.com akan membahas topik lain yaitu tentang Akses akun Instagramnya, Dokter Richard Lee jadi tersangka, Kami merangkum informasi ini dari beraneka macam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami dengan judul Akses akun Instagramnya, Dokter Richard Lee jadi tersangka.

Pada hari ini, 12 Agustus 2018, dokter Richard Lee resmi ditetapkan sebagai tersangka. Namun, rupanya bukan karena Kartika Putri dokter Richard Lee jadi tersangka.

Polisi menahan dokter Richard Lee di ruang tahanan Polda Metro Jaya. Dokter Richard terancam hukuman maksimal delapan tahun penjara. Hal ini diungkapkan langsung oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus.

“Yang bersangkutan kami kenakan Pasal 30 UU ITE Juncto Pasal 46 UU ITE, atau Pasal 231 di KUHP atau pasal 221 KUHP. Ancamannya Pasal 30, semua uncur masuk. Hukumannya enam, tujuh tahun dan tertinggi delapan tahun penjara. Sehingga yang bersangkutan kami lakukan penahanan ” ujar Kombes Pol Yusri Yunus di konferensi pers di Polda Metro Jaya, Kamis (12/8/2021).

Penangkapan ini bukan buntut dari kasus Kartika Putri, dokter Richard Lee menjadi tersangka dan terancam 8 tahun penjara karena kasus ilegal akses dan berusaha menghilangkan alat bukti yang sudah diamankan polisi yaitu akun Instagramnya sendiri.

Kartika Putri dan Dokter Richard Lee. Foto: Instagram
Kartika Putri dan Dokter Richard Lee. Foto: Instagram

“Ini yang perlu saya luruskan lagi. Jadi perkara tentang pencemaran nama baik dengan pelapor K (Kartika Putri), ini berbeda dengan yang dilakukan (dr Richard) dengan adanya upaya paksa atau upaya hukum tanggal 9 Agustus kemarin. Di mana adanya ilegal akses dan pencurian barang bukti yang ada di akun tersebut. Ini harus dibedakan,” tutur Yusri Yunus.

Selain itu, Yusri Yunus menegaskan bahwa pihaknya telah melakukan penangkapan sesuai prosedur. Dalam video seolah terjadi paksaan karena dokter Richard berusaha menolak ketika ingin dibawa.

“Kemarin kami datangi saudara RL lengkap dengan surat perintah. Tentang adanya penangkapan secara paksa, ini tidak sesuai SOP, nanti videonya ada kami sampaikan ke teman-teman (wartawan). Bahwa ini sudah sesuai mekanisme yang ada,” imbuhnya.

dr Richard Lee
dr Richard Lee foto: Instagram

“Kami melakukan kekerasan ini tidak benar. Upaya paksa sesuai dengan prosedur yang ada. Kami membawa surat perintah, membacakan apa yang jadi hak-hak yang bersangkutan. Tapi memang saat itu yang bersangkutan tidak mau ikut penyidik, hingga terjadi paksaan,” pungkas Yusri Yunus.

Dokter Richard Lee telepon pengacara sambil ketakutan

Pengacara dokter Richard Lee, Razman Arif Nasution membeberkan bahwa klienya itu menelepon dengan suara ketakutan. Kliennya memberi tahu bahwa ia didatangi polisi.

“Tadi pagi sekitar jam 7 saya ditelepon nomor tak dikenal. Ternyata itu dokter Richard Lee dengan bahasa yang seperti ketakutan dia bilang, ‘bang saya didatangi polisi dari Polda Metro’,” kata Razman, dikutip dari Instagram, Rabu (11/8/2021).

“Dia bilang, ‘Polisi katanya mau meminta keterangan dari saya, memeriksa handphone saya terkait pelanggaran dugaan ite’,” lanjut Razman yang menirukan omongan dr Richard Lee.

Dr Richard Lee dan pengacara Razman Arif Nasution. Foto: Matamata
Dr Richard Lee dan pengacara Razman Arif Nasution. Foto: Matamata

Razman juga mengungkap bahwa ia sempat berkomunikasi dengan tim penyidik. Namun karena tak sesuai dengan apa yang dibicarakan di telepon, ia kecewa dengan sikap penyidik tersebut. 

“Kemudian saya komunikasi dengan tim (penyidik) yang datang ke kediaman dokter Richard yang dipimpin saudara Charles. Saya tanya dalam rangka apa kalian datang. Dijawab, ‘kami datang sesuai dengan perintah tugas untuk memeriksa HP saudara Richard Lee terkait dengan Instagram.’ Itu bahasa yang disampaikan ke saya,” ucap Razman.

“Saya tanya apakah Richard Lee akan dibawa, dia bilang tidak,” tuturnya.

Kendati demikian, dokter Richard Lee dibawa paksa tanpa menunggu kedatangannya. Padahal, sebagai kuasa hukum ia berhak mendampingi kliennya.

Dokter Richard Lee ditangkap paksa
Dokter Richard Lee ditangkap paksa. Sumber: –

“Saya sudah minta penyidik untuk menunggu saya, kenapa nggak tunggu saya? Saya kan kuasa hukumnya. Kalau mereka paham hukum yang kuat dan dasar hukum yang kuat bicara sama saya,” katanya dengan nada emosi.



Kesimpulan
Dari sedikit informasi di atas semoga memberikan tambahan paham anda dari apa yang sajikan saat ini. Semoga artikel yang membahas Akses akun Instagramnya, Dokter Richard Lee jadi tersangka Ini menjadikan anda semakin tertarik dengan sangat mudah dapat info detail dari internet.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Akses akun Instagramnya, Dokter Richard Lee jadi tersangka – AEOmedia yang dipublish pada 13 August 2021 di website Berita Portal Online Terkini - AEOmedia.com

Leave a Comment