Citroen AMI

AEOMedia.com, Mobil – Citroen meluncurkan mobil unik yang menyasar segmen konsumen baru. Adalah Citroen AMI yang disiapkan untuk para pengemudi berusia 14 tahun atau generasi TikTok.

“Klien pertama yang datang adalah seorang remaja dan ayahnya,” kata Kepala Produk French Electronics Retailer Fnac Darty, Olivier Garcia seperti dikutip dari Reuters, Jumat, 11 September 2020.

Garcia menuturkan bahwa konsumen itu mencari alternatif yang lebih aman daripada sekadar skuter listrik atau moped. Mereka, Garcia menambahkan, percaya kalau Citroen AMI lebih aman ketimbang dua moda transportasi yang banyak dipakai oleh anak muda Prancis untuk keliling kota, itu.

“Jadi mereka (klien pertama) adalah bagian dari pelanggan kami, yang tidak dapat diabaikan,” ujar Garcia.

Kendaraan kecil Citroen Ami memiliki konfigurasi dua tempat duduk. Mobil ini ditenagai oleh motor listrik berkekuatan 6 kilowatt. Merujuk regulasi Prancis, mobil ini dapat dikendarai oleh seseorang yang telah berusia 14 tahun, tanpa perlu memiliki Surat Izin Mengemudi.

Citroen Ami sendiri hanya memiliki kecepatan tertinggi 45 km per jam. Bodyworknya juga terbuat dari plastik serta interior yang tidak neko-neko.

Meski demikian, mobil mungil ini disebut memiliki sejumlah fitur menarik bagi para remaja yang melek teknologi. Di Prancis, mobil ini juga dijual sepaket dengan smartphone dan konsol video game.

Di Prancis, untuk membeli versi paling standar akan menelan biaya hingga 6.000 euro atau setara Rp 105 jutaan. Citroen mengklaim, bahwa mereka telah menerima 1.000 pesanan untuk mobil listrik mungil tersebut.