Xiaomi belum lama ini baru saja merilis OS MIUI11 kepada parang penggunanya. Namun Xiaomi kali ini sudah memamerkkan MIUI 12 kepada publik. Lewat akun Weibo, Xiaomi memajang gambar logo MIUI 12 dengan latar belakang hitam. Tidak ada sedikit pun fitur yang diungkap.

Tapi itu wajar kiranya, sebab memang terlalu dini untuk membeberkannya saat ini. Toh MIUI 11 sendiri belum menyebar merata di seluruh ponsel Xiaomi.

Kalau pun mau menerka-nerka fitur apa yang akan dibawa, dari foto yang dipajang, pembaruan sistem operasi ini mungkin mengedepankan dark mode. Itu sejalan dengan laporan yang belum lama beredar yang menyebutkan Xiaomi akan memperkenalkan dukungan untuk mode gelap di seluruh sistem globalnya.

Lantas kapan akan beredar? Bila melihat MIUI 11 diumumkan pada bulan September, besar kemungkinan MIUI 12 pun diperkenalkan di kuartal ketiga tahun ini. Bisa jadi basis yang digunakan Android terbaru yang akan diumumkan Google pada Mei mendatang.

MIUI 11 sendiri berbasis Android 10. Sejumlah fitur baru dibawanya. Sistem operasi ini tampil lebih minimalis, mendukung always-on display.

MIUI menyertakan fitur yang berguna untuk produktivitas penggunanya. Terdapat fitur quick replies yang memudahkan pengguna membalas pesan tanpa harus mengalihkan jendela atau mengganggu video yang tengah diputar.

Xiaomi menyertakan Mint Keyboard, Natural Sound, Wireless Print, Dual Clock, New Game Turbo, Nature Alarm, Mi Share dan lain-lain.