Liverpool menunjukkan keperkasaan ketika bermain di markas Tottenham Hotspur pada Sabtu 11 Januari 2020 kemarin. Liverpool menang 1-0 dari tuan rumah.

Dengan hasil ini Liverpool berhasil mempertahankan tren menang di liga. Bermain di kandang lawan, Liverpool tampil percaya diri. Berdasarkan statistik di situs resmi Premier League, anak asuh Jurgen Klopp itu mencatatkan 67,2 persen penguasaan bola, berbanding 32,8 persen milik Tottenham.

Selain itu, Liverpool juga memperoleh tujuh peluang bagus dari 13 tembakan yang dilepaskan. Adapun Spurs melepaskan 14 sepakan yang empat di antaranya mengarah ke gawang.

Menguasai jalannya pertandingan, The Reds berhasil memetik tiga poin di markas Tottenham Hotspur. Gol tunggal kemenangan Liverpool disarangkan Roberto Firmino pada menit ke-37.

Hasil ini memperpanjang tren positif Liverpool di Premier League. Mereka tercatat belum terkalahkan dalam 38 laga terakhir di liga, dengan perincian 33 kemenangan dan lima hasil imbang.

Kemenangan atas The Lilywhites juga membuat Liverpool semakin kukuh bercokol di puncak klasemen sementara Premier League dengan nilai 61. Skuat Si Merah unggul 16 poin atas Leicester City yang menempati posisi kedua.

Lantas, apa sajakah kumpulan fakta menarik setelah Liverpool membungkam Tottenham Hotspur? Berikut ini adalah ulasannya.

Fakta Pertandingan Tottenham vs Liverpool

1. Liverpool mengoleksi 61 poin di Premier League 2019-2020. Tidak ada klub lain kecuali Liverpool yang mampu menorehkan hal tersebut, setelah menjalani 21 laga dalam semusim di lima liga top Eropa.

2. Liverpool telah mengoleksi 104 poin dari 38 pertandingan terakhir di Premier League (33 menang; 5 imbang; 0 kalah). Torehan tersebut merupakan rekor setelah menjalani 38 laga dalam sejarah Premier League, menyalip 102 poin milik Manchester City (pada akhir 2018) dan Chelsea (pada akhir 2005).

3. Tottenham Hotspur telah kebobolan 20 gol dari 13 pertandingan terakhir di semua kompetisi di bawah asuhan Jose Mourinho.

4. Liverpool selalu mencetak gol dalam 21 laga di Premier League. Catatan tersebut menyamai rekor mereka pada musim 1933-1934.

5. Liverpool kini telah menjalani 38 laga di Premier League tanpa kekalahan (33 menang; 5 imbang). The Reds terakhir kali menelan kekalahan adalah pada Januari 2019.

6. Tottenham Hotspur untuk pertama kalinya menelan kekalahan beruntun di Premier League pada musim ini, setelah terakhir kali terjadi pada Mei 2019.

7. Jose Mourinho juga untuk pertama kalinya menelan kekalahan beruntun di Premier League sebagai manajer, sejak Agustus 2018 ketika masih menangani Manchester United.

8. Liverpool untuk pertama kalinya mencatatkan enam clean sheet secara beruntun di Premier League, sejak Desember 2006 (tujuh clean sheet).

9. Roberto Firmino telah mencetak lima gol dalam enam laga terakhirnya bersama Liverpool di semua kompetisi. Jumlah tersebut sama seperti koleksi golnya dalam 30 penampilan terakhir bersama The Reds.