Karl-Johan Johnsson

AEOMedia.com, Liga Europa – Sebelum laga melawan Manchester United, tidak banyak yang tahu siapa sosok Karl-Johan Johnsson. Dia memang tidak termasuk jajaran kiper papan atas Eropa. Bahkan, dia bukan pilihan utama di timnas Swedia. Sejauh ini, pada usia 30 tahun, dia baru punya tujuh caps di timnas.

Karl-Johan Johnsson juga belum pernah membela klub-klub dengan nama besar dalam karirnya.

Karl-Johan Johnsson membuka lembar karir sepak bolanya di akademi klub Halmastad pada 2005. Dia kemudian mendapat kesempatan promosi ke tim utama pada 2009, setelah mendapat debut satu tahun sebelumnya.

Empat musim membela Halmstad, Karl-Johan Johnsson kemudian pindah ke NEC. Dia pindah ke Belanda dan mencari peruntungan baru. Musim pertama berjalan buruk karena dia hanya menjadi cadangan. Di musim kedua, dia baru menjadi kiper inti.

Namun, karir Karl-Johan Johnsson di Belanda tidak berjalan lama. Pada 2014, dia pindah ke Randers FC, klub asal Denmark. Pada 2016, dia memilih pindah ke Prancis dengan membela Guingamp.

Guingam terdegradasi ke Ligue 2 pada musim 2018/2019 lalu. Setelah itu, dia memutuskan pindah ke FC Copenhagen. Pada musim pertamanya di Copenhagen, dia memainkan 29 laga dan membawa klubnya berada di posisi kedua klasemen akhir Superliga Denmark.

Pada musim 2019/2020, Karl-Johan Johnsson memainkan 43 laga di semua kompetisi dengan catatan 44 kali kebobolan dan 13 kali clansheet.