Jawapos

Diduga Terlibat Skandal, Henricus Dicoret dari Tim ‘Penyalin Cahaya’ – AEOmedia

AEOmedia.com: Diduga Terlibat Skandal, Henricus Dicoret dari Tim ‘Penyalin Cahaya’, Beragam berita terkini musik dan film memang tidak akan pernah ada habisnya jika di bahas, Mari kita lihat Diduga Terlibat Skandal, Henricus Dicoret dari Tim ‘Penyalin Cahaya’.

– Rumah produksi pembuat filmPenyalin Cahaya secara resmi mencoret nama salah satu penulis naskah, Henricus, dari daftar credit film setelah diduga terlibat skandal pelecehan di masa lalu. Pencoretan Henricus ini sebagai bentuk keseriusan rumah produksi Rekata Studio & Kaninga Pictures dalam menyikapi isu pelecehan seksual dan juga sebagai bentuk komitmen mereka dalam memberikan ruang yang aman dan bebas dari pelecehan seksual.

Baca juga :  'Penyalin Cahaya', Sebuah Film Perlawanan Terhadap Kekerasan Seksual - AEOmedia

“Sebagai tanggung jawab etik atas komitmen kami dan untuk menghormati pelaporan dan proses yang akan terjadi setelahnya, kami memutuskan untuk menghapus nama terlapor dari kredit film ‘Penyalin Cahaya’ dan di materi-materi publikasi film. Pihak terlapor tersebut tidak lagi menjadi bagian dari film Penyalin Cahaya,” demikian pernyataan sikap Rekata Studio & Kaninga Pictures melalui keterangan tertulisnya Senin (10/1).

Henricus disebut melakukan pelecehan seksual sempat ramai beredar di media sosial. Rumah produksi pun dengan cepat dan sigap mengambil keputusan. Apalagi semangat dari film Penyalin Cahaya sangat mulia hendak memberantas kasus pelecehan seksual lewat film.

Rumah produksi mengaku tahu informasi bahwa ada tim Penyalin Cahaya melakukan pelecehan seksual di masa lalu berdasarkan informasi yang diterima dari suatu komunitas yang mengelola pelaporan kasus pelecehan seksual. Mereka pun melakukan pengecekan ke internal dan mendapati sebuah nama.

Baca juga :  Shenina Syawalita Cinnamon: Gunakan Trauma untuk Bersuara - AEOmedia

Salah satu sumber yang enggan disebutkan namanya, kepada -, menyebut ketika kasus ini masih dalam proses penyelidikan internal, Henricus berinisiatif untuk keluar. Setelah itu, rumah produksi pun memutuskan untuk mencoret namanya dari tim Penyalin Cahaya.

Bagi Rekata Studio & Kaninga Pictures, isu pelecehan seksual termasuk isu yang sangat serius. Oleh karena itu, pihaknya pun mengambil sikap tegas. “Dan kami berharap proses-proses yang terjadi setelah pelaporan ini berjalan dengan mengakomodir kepentingan penyintas dan dapat terselesaikan sesuai jalur yang tepat,” katanya.

Diketahui, Henricus sejatinya termasuk salah satu penulis naskah bagus. Terbukti naskah film Penyalin Cahaya yang ditulisnya bersama Wregas Bhanuteja, mendapat penghargaan berhasil membawa pulang Piala Citra kategori Naskah Asli Terbaik dalam Festival Film Indonesia (FFI) 2021.

Baca juga :  Chicco Kurniawan, Kalahkan Iqbaal Ramadhan dan Reza Rahadian di FFI 20 - AEOmedia

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Diduga Terlibat Skandal, Henricus Dicoret dari Tim ‘Penyalin Cahaya’ – AEOmedia yang dipublish pada 11 January 2022 di website Berita Portal Online Terkini - AEOmedia.com

Leave a Comment