Maserati MC20

AEOMedia.com, Mobil – Ada makna tersembunyi di balik nama MC20. MC merupakan kependekan dari Maserati Course, sementara 20 merujuk pada tahun 2020.

Maserati mengklaim MC20 memiliki aerodinamika yang spesial. Body Maserati MC20 dirancang selama lebih dari dua ribu jam kerja dalam Terowongan Angin Dallara. Itu belum termasuk lebih dari seribu simulasi CFD (Computational Fluid Dynamics).

Hasilnya terlihat jelas. Maserati MC20 punya garis tubuh yang ramping dan memiliki kesan minimalis tegas.

Masuk ke kabin, interior dan panel kontrol MC20 punya kesan sederhana namun tetap berkelas. Terpasang dua layar 10 inci: satu untuk kokpit dan satu lainnya untuk Maserati Touch Control Plus (MTC Plus MIA).

Konsol tengah berbalut serat karbon dengan beberapa fitur terpasang, seperti charger smartphone nirkabel, kenop pemilih mode mengemudi (terdiri dari GT, Wet, Sport, Corsa dan ESC Off untuk menonaktifkan fungsi kontrol), dua tombol pilihan kecepatan, kontrol power window, kontrol peranti multimedia serta kompartemen penyimpanan. Sementara tombol pengontrol lainnya ada di lingkar kemudi, seperti tombol start di sebelah kiri dan launch control di sebelah kanan.

Bagaimana spesifikasi Maserati MC20?

Untuk dapur pacu, Maserati MC20 ini dibekali mesin Nettuno (merupakan mesin hasil pengembangan Maserati dengan mengadopsi teknologi F1) baru berkonfigurasi V6 twin turbo.

Mesin ini mampu memproduksi tenaga mencapai 621 hp dan torsi puncak 730 Nm. Untuk berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dibutuhkan waktu 2,9 detik. Sementara top speed-nya diklaim mampu menembus 325 km/jam.

Hanya saja dalam sesi ini perkenalan ke publik Indonesia ini Maserati Indonesia belum membawa unit mobilnya.

Peluncuran model produksi Maserati MC20 dijadwalkan dimulai akhir tahun ini, sementara pesanan mulai diterima pada 9 September usai debutnya di dunia.