Ini Cara Menghitung Waktu untuk Lakukan Cas Aki Mobil – AEOmedia

  • Whatsapp
Ini Cara Menghitung Waktu untuk Lakukan Cas Aki Mobil

AEOmedia.com | Otomotif : Ini Cara Menghitung Waktu untuk Lakukan Cas Aki Mobil, Beragam berita terbaru motor dan mobil memang tidak akan pernah ada habisnya jika di bahas, Cek Langsung: Ini Cara Menghitung Waktu untuk Lakukan Cas Aki Mobil.

– Seperti diketahui aki mobil mempunyai fungsi vital untuk suplai daya listrik ke seluruh komponen mobil. Maka aki tentu harus dirawat dengan baik, salah satu caranya adalah dengan cas aki dengan rutin.

Read More

Tujuannya untuk mengembalikan tegangan aki seperti semula, akan tetapi sering muncul pertanyaan. Berapa lama cas aki mobil? Sesuai dengan tujuannya, aki mobil harus dicas secara rutin.

Ada beberapa tanda yang bisa dideteksi seperti klakson mulai melemah, tegangan aki kurang sampai mobil sulit dinyalakan. Apabila kondisi tersebut dibiarkan, aki akan cepat rusak dan Anda pun harus menggantinya dengan yang baru.

Padahal usia rata-rata dari aki mobil adalah sekitar 2 tahunan. Namun usianya akan lebih lama jika Anda melakukan perawatan dengan benar.

Penyebab dari aki perlu dicas bisa berbagai macam seperti mobil mogok dalam waktu lama atau mobil tidak pernah dinyalakan. Aki merupakan komponen yang akan bersifat menyimpan daya listrik jika mesin mobil dinyalakan.

Dengan begitu pengecasan aki akan terjadi secara otomatis. Namun jika mobil saja tidak dinyalakan, maka daya yang disimpan tidak diperbaharui dan lama kelamaan akan habis.

Baca :  Mitos atau Fakta Motor Lama Gak Dipakai Aki Harus Dicopot - AEOmedia

Hal ini berkaitan dengan cara kerjanya dalam sebuah kendaraan yaitu terdapat reaksi kimia supaya bisa terjadi recharge dan discharge. Ketika aki nantinya melepas arus, maka reaksi kimia yang terjadi mampu menghasilkan arus listrik.

Kemudian ketika aki mengalami proses recharge atau diisi, maka keadaan semula dari reaksi kimia akan kembali berkat arus listrik. Proses recharge sendiri dilakukan otomatis ketika mesin berjalan.

Namun jika ternyata daya dalam aki terlalu rendah, maka dibutuhkan pengecasan manual. Berapa lama cas aki mobil ini ditentukan dalam dua teknik dengan proses penghitungan berbeda.

Saat aki dicas prosesnya tidak jauh berbeda ketika Anda sedang mengisi daya pada smartphone. Waktu pengecasan tergantung dengan besar kecilnya kapasitas dari aki. Satu hal yang perlu diperhatikan juga adalah hindari mengecas sembarangan.

Pengecasan harus disesuaikan dengan kapasitas aki, oleh karena itulah sebaiknya Anda melakukannya di bengkel resmi. Berapa lama cas aki mobil bisa diketahui jika Anda sudah tahu berapa kapasitas aki yang satuannya adalah AH (Ampere Hour).

Anda bisa mengeceknya pada kemasan aki di bagian samping. Di sana akan tertera berapa kapasitas yang dimilikinya. Setelah mengetahui kapasitas tersebut, lama tidaknya pengecasan juga ditentukan dari jenis pengisiannya.

Ada dua jenis pengisian yang biasa digunakan yaitu pengisian aki cepat dan pengisian aki lambat.

Jenis pengisian aki lambat dilakukan menggunakan arus listrik yang kecil, oleh karena itu proses pengecasan akan berjalan sangat lama. Banyak orang melakukan cara ini selama semalaman jadi Anda bisa melakukannya di rumah.

Baca :  Mitos atau Fakta Motor Lama Gak Dipakai Aki Harus Dicopot - AEOmedia

Tujuan pengisian lambat ini adalah menghindari masalah overheat dan dilakukan malam hari sampai keesokan harinya karena sangat lama. Arus maksimal yang diberikan adalah 10% sehingga aman untuk ditinggal-tinggal.

Berapa lama cas aki mobil dengan metode ini kembali lagi tergantung dengan kapasitas aki pada mobil yang Anda miliki tersebut. Namun Anda bisa mengetahuinya dengan menghitung sendiri menggunakan rumus berikut.

Pertama-tama Anda harus menghitung berapa besaran arus pengisiannya yang dikalikan dengan daya aki. Misalnya saja aki Anda memiliki daya 12 Volt dan 40 AH. Maka penghitungannya adalah 40 X 10% = 4 Ampere.

Kedua melalui hasil penghitungan tersebut Anda bisa menggunakan rumus (kapasitas Aki / Arus Pengisian) + (20% X Kapasitas Aki / Arus Pengisian). Maka apabila menggunakan rumus nomor dua penghitungannya menjadi (40AH / 4AH) + (20% x 10) = 10 + 2 = 12 jam.

Apabila Anda memiliki kendaraan dengan kapasitas aki 12 Volt dan 40 AH maka waktu pengisiannya adalah 12 jam menggunakan arus 10% saja. Pertanyaan berapa lama cas aki mobil jika menggunakan pengisian lambat adalah 12 jam.

Waktu yang cukup lama untuk mengecas aki, jadi Anda bisa meninggalkan kendaraan dalam posisi terhubung dengan sumber listrik selama semalaman. Tak masalah pula jika Anda meninggalkannya karena daya yang tersalurkan kecil.

Sedangkan untuk pengisian cepat di mana arusnya lebih tinggi yaitu mencapai 40%. Tingginya arus akan membuat pengisian menjadi lebih cepat dan Anda pun bisa segera menggunakan mobil kembali.

Baca :  Mitos atau Fakta Motor Lama Gak Dipakai Aki Harus Dicopot - AEOmedia

Kebanyakan bengkel resmi akan menggunakan metode ini untuk mengisi daya pada aki. Cara menghitung berapa lama cas aki mobil pun tidak jauh berbeda, hanya saja pengalian arusnya berbeda.

Untuk menghitung lama waktu cas aki mobil dengan pengisian cepat, langkah pertama sama yaitu mengetahui besaran pengisian. Kasusnya masih sama yaitu aki dengan daya 12 Volt dan 40 AH. Maka menghitungnya adalah 40 X 40% = 16 Ampere.

Apabila masih menggunakan rumusan yang sama maka rumus yang diterapkan menjadi (40 AH / 16 AH) + (20% X 2.5) = 2.5 + 0.5 = 3 jam.

Waktu yang diperlukan untuk pengisian daya aki dengan cara cepat hanya 3 jam. Waktu ini sangat pas ketika Anda melakukan tune up atau servis berkala. Sambil dicharge teknisi akan mengecek bagian mesin yang lainnya.

Bagi Anda yang ingin mengisi aki sendiri di rumah sebaiknya lakukan penghitungan di atas sehingga setelah daya pada aki terisi penuh, cas harus dilepaskan. Kecuali jika kendaraan menggunakan fitur Auto Cut Off On Full Charge.

Maka ketika aki sudah penuh, maka alat cas akan otomatis berhenti. Anda yang tidak memperhatikannya pun bisa merasa aman. Namun jika tidak, sebaiknya hitung dulu dan ketahui berapa lama cas aki mobil dibutuhkan.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *