Thursday, June 30, 2022
spot_img

Yuk Dicoba, 9 Cara Merawat Rambut Kering dan Mengembang

Must Read

AEOmedia.com: Yuk Dicoba, 9 Cara Merawat Rambut Kering dan Mengembang, beraneka ragam berita kesehatan memang tidak akan pernah ada habisnya jika di bahas, dan uniknya lagi selalu ada hal baru, maka dari itu AEOmedia.com Akan membahas yang sedang unik di perbincangkan yaitu Yuk Dicoba, 9 Cara Merawat Rambut Kering dan Mengembang

Cara merawat rambut kering dan mengembang perlu diketahui oleh para perempuan. Seperti kata pepatah, rambut adalah mahkota bagi para perempuan.

Ketidaktahuan cara merawat rambut kering dan mengembang bisa membuat Bunda jadi kurang percaya diri. Siapa yang tidak malu ketika penampilan jadi kurang sempurna karena rambut yang sulit ditata? Apalagi ketika ia terlihat kering.

Ketika rambut terasa kering saat disentuh, ada kemungkinan rambut tersebut juga rapuh dan sulit ditata. Hal ini bisa mengganggu penampilan Bunda, ya.

Rambut yang kering bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti terlalu sering terkena paparan sinar matahari, memakai alat penata rambut yang panas, lembap, merokok, dan banyak lagi yang membuat rambut rusak dan kering.

Bagaimana Cara Merawat Rambut Kering dan Mengembang

Berita baiknya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan jika Bunda ingin membuat rambut bernutrisi dan tidak kering. Berikut cara merawat rambut kering dan mengembang!

1. Potong Trim

Foto: Orami Photo Stock

Cara merawat rambut kering dan mengembang yang pertama adalah dengan rajin memotong ujung-ujungnya.

Jika rambut terlalu kering, mungkin Bunda perlu memotongnya. Bahkan jika rambut tidak terlalu panjang, ujung rambut bercabang dapat membuat rambut sulit untuk ditata dan terasa kering atau kasar.

Kunjungi salon dan potong rambut tidak sehat untuk membuat pertumbuhan rambut jadi segar.

Bunda bisa menanyakan kepada penata rambut jika mereka memiliki tips untuk agar rambut terhindar dari kerusakan.

2. Pakai Vitamin

7 Cara Mudah Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

Foto: Orami Photo Stock

Cara merawat rambut kering dan mengambang yang kedua adalah dengan menggunakan vitamin, Bunda! Bunda membutuhkan vitamin tertentu untuk menyehatkan tubuh, tetapi vitamin jenis tertentu juga berdampak langsung pada kesehatan rambut dan kuku.

Untuk mengatasi rambut kering, vitamin A, vitamin C, biotin (kadang-kadang disebut vitamin H), dan zat besi mineral akan berkontribusi membuat rambut terlihat lebih sehat.

Yup, selain melakukan perawatan dari luar, perawatan dari dalam juga bisa menjadi cara merawat rambut kering dan mengembang yang ampuh, lho!

3. Konsumsi Omega-3 dan Antioksidan

makan seafood

Foto: Orami Photo Stock

Cara merawat rambut kering dan mengembang yang lain adalah dengan mengonsumsi omega-3 dan antioksidan.

Kandungan peptida dan omega-3 dari makanan laut menjaga rambut dari penipisan dan dapat membuat rambut terlihat lebih bersinar lho, Bunda.

Untuk mendapatkan hasil yang sama tanpa mengonsumsi suplemen vitamin, tingkatkan jumlah protein laut dalam makanan.

Beberapa makanan yang bisa Bunda konsumsi seperti: ikan salmon, tiram, ikan kembung, tuna, dan sarden.

Bunda mungkin juga perlu makan lebih banyak antioksidan untuk melawan stres oksidatif. Ini membuat rambut terlihat lebih tua. Beberapa makanan yang kaya antioksidan, seperti: kacang kenari, kacang merah, bluberi, brokoli, dan tomat.

4. Hindari Keramas Setiap Hari

7 Cara Mudah Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

Foto: Orami Photo Stock

Hal yang satu ini mungkin membuat Bunda tak menyangka. Cara merawat rambut kering dan mengembang yang lain adalah dengan tidak keramas terlalu sering.

Shampo menghilangkan kotoran dan keringat dari rambut, tetapi pemakaian shampo terlalu sering juga bisa mengurangi sebum pada rambut.

Sebum adalah minyak alami yang membuat rambut lebih mudah dirawat dan menambah kilau.

Bila terlalu sering keramas, minyak alami ini akan hilang dan menyebabkan rambut jadi sangat kering dan mengembang.

5. Bungkus Rambut Ketimbang Biarkan Hingga Kering

rambut kering-2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara merawat rambut kering dan mengembang selanjutnya bergantung dengan cara Bunda mengeringkan rambut, nih!

Jika rambut rapuh dan sulit untuk ditata setelah dicuci, mengeringkan dengan udara bisa menyebabkan hilangnya kelembapan selama proses pengeringan.

Cobalah membungkus rambut dengan kain atau handuk setelah dicuci daripada membiarkannya mengering.

Jika Bunda tidur dengan rambut basah, gunakan sarung bantal sutra untuk menjaga kelembapan rambut agar tidak terserap ke dalam bantal.

6. Kurangi Penggunaan Alat Panas

7 Cara Mudah Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

Foto: Orami Photo Stock

Penataan rambut yang panas untuk mencatok, menggulung, meluruskan, atau menambah volume pada rambut mungkin telah menjadi bagian dari rutinitas harian selama bertahun-tahun.

Ini juga bisa menjadi alasan rambut Bunda mengering. Bila hendak mengeringkan rambut, gunakan pengering dengan jarak setidaknya 15 cm dari batang rambut untuk hasil terbaik.

7. Mandi dengan Air Dingin

7 Cara Mudah Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

Foto: Orami Photo Stock

Cara merawat rambut kering dan mengembang yang satu ini mungkin akan membuat Bunda menjadi terheran dan bingung. Ya, agar bisa mengatasi rambut kering, hindari menggunakan air panas saat mandi atau keramas.

Air panas yang digunakan untuk membilas tubuh saat mandi juga bisa membuat rambut kering.

Mandi air dingin memiliki beberapa manfaat kesehatan, dan membuat rambut juga tumbuh lebih cepat.

Setelah keramas saat mandi dengan air hangat, bilas rambut di bawah suhu air yang lebih dingin selama satu atau dua menit untuk merevitalisasi helai dan menyegarkan kulit kepala.

8. Menggunakan Minyak Kelapa

cara merawat rambut kering dan mengembang dengan minyak kelapa

Foto: Orami Photo Stock

Cara merawat rambut kering dan mengembang yang lainnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa sendiri dikenal sebagai pelembap alami.

Minyak kelapa bisa mengisi celah di helai rambut yang sudah rusak karena panas atau sinar matahari.

Salah satu jurnal yang berjudul Investigation of penetration abilities of various oils into human hair fibers menuliskan bahwa minyak kelapa sangat baik dalam menembus serat rambut.

Dengan menggunakan minyak kelapa untuk menghaluskan rambut di setiap helainya, Bunda bisa mengubah penampilan menjadi lebih sempurna.

Bunda pun bisa merawat dengan perawatan deep conditioning menggunakan minyak kelapa yang sudah dihangatkan setiap minggunya.

Cara merawat rambut kering dan mengembang dengan minyak kelapa dimulai dengan mengaplikasikan minyak kelapa dengan suhu ruangan.

Gosokkan sedikit minyak kelapa di antara telapak tangan sebelum mengaplikasikannya ke rambut. Jika sudah, fokuskan pengaplikasiannya dari ujung rambut, mahkota kepala dan akar rambut.

Basahi, namun jangan direndam, rambut Bunda dalam minyak kelapa. Saat Bunda mengulangi proses oni, biarkan minyak berada pada rambut selama 20 menit.

Jika sudah, bilaslah minyak pada rambut sampai bersih.

Nah untuk Bunda yang memiliki rambut kering, mengembang dan juga rontok, jangan lupa untuk memijat kulit kepala saat melakukan perawatan rambut.

Hal ini bisa membantu memulihkan pertumbuhan rambut dan bisa dilakukan bersamaan saat mengaplikasikan minyak kelapa ke rambut atau saat sedang menggunakan masker rambut.

9. Jangan Lupa Gunakan Topi

cara merawat rambut kering dan mengembang

Foto: Orami Photo Stock

Siapa sangka kalau topi bisa menjadi salah satu cara merawat rambut kering dan mengembang?

Bunda jangan lupa menggunakan topi atau penutup kepala yang lain saat bepergian, ya! Sebuah studi yang berjudul UV damage of the hair menuliskan bahwa sinar ultraviolet bisa merusak rambut sama seperti ia merusak kulit.

Jadi, jika Bunda memiliki rambut yang kering, cobalah untuk menghindari rambut yang terkena sinar matahari langsung. Jadi, jangan lupa untuk memakai penutup kepala ketika melakukan aktivitas harian.

Jika lupa memakai topi, Bunda sebaiknya menghindari paparan sinar matahari terlalu lama. Jika rambut Bunda sudah terekspos di sinar matahari terlalu lama jangan lupa untuk menggunakan gel lidah buaya agar bisa memperbaiki kerusakannya.

Itu dia beberapa cara merawat rambut kering dan mengembang yang bisa Bunda terapkan. Pasti rambut jadi lembut dan berkilau! Bunda jadi nggak perlu malu atau kurang percaya diri lagi karena rambut yang kering dan mengembang ya!

Perlu diketahui bahwa cara merawat rambut kering dan mengembang harus tetap dilakukan meski Bunda sudah mendapatkan rambut yang sehat.

Demi menunjang kesehatan rambut, Bunda juga perlu melakukan cara merawat rambut kering dan mengembang dari dalam.

Mengonsumsi makanan seperti yogurt, bayam dan wortel pun bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada rambut dari dalam.

Kesimpulan
Dari sedikit fakta di atas semoga memberikan tambahan mengenai seputar dunia kesehatan dari seluruh dunia. Semoga artikel yang membahas Yuk Dicoba, 9 Cara Merawat Rambut Kering dan Mengembang Ini menjadikan anda tambah tertarik

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin.
Repost for: AEOmedia.com

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Uang Suami Milik Istri, Apakah Benar atau Salah ?

Kali ini, Aeomedia menulis dalam bentuk percakapan dan diskusi antara orang-orang di dekat pintu: "Uang suami adalah istrinya, dan...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -