Hyundai Kona

AEOMedia.com, Mobil – Hyundai Kona ini ternyata sudah melalui tahap Sertifikasi Uji Tipe (SUT) dan Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT). Selain itu, terpapar juga harga Hyundai Kona dari presentasi Kementerian Perhubungan di virtual workshop Kesiapan Industri Electric Vehicles, sebesar Rp674,8 juta on the road (OTR) Jakarta.

Sebagai informasi, Hyundai Kona EV sebenarnya bukanlah produk yang benar-benar baru. SUV bertenaga baterai ini sudah diperkenalkan secara global sejak tahun 2018 silam dan telah dipasarkan di Thailand mulai 2019 lalu.

Di pasar otomotif global, Hyundai Kona EV tersedia dalam 2 pilihan baterai. Yang pertama versi lite dengan tenaga 134 Tk dan 201 Tk untuk varian SEL. Keduanya sama-sama memiliki torsi 394 Nm.

Sebelum resmi diluncurkan di Indonesia, Hyundai memperlihatkan mobil listrik andalannya, Ioniq electric dan Kona electric di area perkantoran Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Tidak lupa, sang Menteri, Luhut Binsar Pandjaitan juga mengunjungi area mobil asal Korea Selatan ini dipamerkan.

Dijelaskan Luhut, pihaknya mengapresiasi dukungan dari berbagai pihak seperti Hyundai Motors Indonesia, yang menunjukkan bahwa pemangku kepentingan tengah bekerja sama, termasuk pihak pemerintahan dan sektor swasta, dalam mengakselerasi program mobil listrik berbasis baterai.

“Saya ingin Hyundai menyebarkan pesan kepada para produsen lainnya dari mobil listrik dan baterai, bahwa Indonesia menyambut baik rencana investasi terkait program-program seperti ini,” jelas Luhut dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Jumat (14/8/2020).

Sedangkan YoungTack Lee, President of Hyundai Motor Asia-Pacific menambahkan, Hyundai adalah salah satu pelopor dan pemain terkemuka di industri otomotif yang menawarkan kendaraan listrik murni.

“Kami senang karena telah mendapat kesempatan untuk memperlihatkan kedua model battery electric vehicles kami, Ioniq dan Kona kepada Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Hyundai selalu berkomitmen dalam menyediakan solusi mobilitas yang lebih pintar, dan Indonesia merupakan salah satu pasar penting bagi kami,” tambahnya.