APlikasi jejaring sosial berbasis gambar, foto dan video Instagram menambahkan sebuah fiotur baru dalam platformnya. Fitur ini cocok sekali buat kalian yang punya banyak follower.

Fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk memilah akun-akun yang diikuti pengguna dengan kategori “Most shown in feed’ dan “Least interacted with”. Dari sini, pengguna disebut dapat mengatur siapa status akun yang diikuti, notifikasi dan mensenyapkan sebuah akun.

“Instagram benar-benar membawa Anda lebih dekat kepada orang-orang dan hal-hal yang Anda pedulikan, tetapi kami tahu bahwa seiring waktu, minat dan hubungan Anda dapat berkembang dan berubah… Kami ingin membuatnya lebih mudah untuk mengelola akun yang Anda ikuti di Instagram sehingga mereka mewakili koneksi dan minat Anda saat ini.” ungkap Instagram, seperti dilansir dari TheVerge (7/1).

Fitur ini disebut akan sangat berguna jika pengguna ingin membersihkan akun yang mereka ikuti. Bahkan hal itu dipermudah dengan tambahan fitur yang sebelumnya sudah diberikan aplikasi ini. Sebelumnya, anak perusahaan Facebook ini menawarkan fitur untuk mengurutkan akun yang diikuti mulai dari paling awal hingga paling akhir, atau sebaliknya.

Untuk dapat melihat fitur tersebut, pengguna harus menuju kolom akun mereka. Kemudian ketuk opsi following. Posisinya berada di paling kanan dari deretan gambar profil. Nah, di menu ini, pengguna akan mendapati dua opsi baru, yakni dua fitur yang baru saja diberikan Instagram. Ketuk dua pilihan tersebut untuk melihat daftarnya.

Jangan terkejut kalau di opsi Most shown in feed adalah akun-akun resmi, bukan akun pribadi milik seseorang. Di sini ada pula pilihan untuk tidak mengikuti akun-akun tersebut. Sementara di opsi Least interacted with, akan terpampang juga daftar akun-akun Instagram lainnya. Tidak jarang, dalam dua opsi tersebut, terdapat akun yang sama. Ini terjadi kalau pengguna jarang memberikan like atau komentar di unggahan akun resmi tersebut.