Karena persebaran VIrus Corona yang semakin tidak terkendali, perhelatan Digital dunia Mobile WOrld Congress 2020 atau MWC bakalan kehilangan beberapa anggotanya. Karena khawatir dengan wabah Virus Corona.

Raksasa teknologi asal Korea Selatan LG Electronics, dan ZTE Tiongkok telah mengkonfirmasi pihaknya urung hadir dalam konferensi telekomunikasi tahunan tersebut.

“Kami ingin menjadi perusahaan yang sopan, dan tidak ingin membuat orang tidak nyaman,” ujar juru bicara ZTE. Sementara LG menyinggung soal keselamatan karyawan dan masyarakat umum jika tetap mengikuti MWC 2020, mengingat sudah adanya imbauan untuk menghindari pertemuan publik.

“Mencegah ratusan karyawan LG untuk perjalanan internasional yang tidak perlu, (sesuai) yang disarankan oleh sebagian besar pakar kesehatan,” ungkap perwakilan LG.

Kendati telah ada perusahaan yang memutuskan absen, GSMA menegaskan perhelatan MWC 2020 akan tetap berjalan sesuai jadwal yakni pada 24-27 Februari mendatang.

Pihaknya pun menerapkan sejumlah kebijakan untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona dalam acaranya. Seperti mengganti mikrofon untuk setiap pembicara dan menerapkan kebijakan ‘tanpa jabat tangan’ selama acara.

Sejauh ini, Vendor ponsel seperti Xiaomi, Vivo, dan Honor mengkonfirmasi akan tetap Hadir dalam acara tersebut. Disusul Qualcomm, Lenovo, dan Motorola yang menyatakan akan berangkat ke Barcelona.