Tahun 2020 bakalan menjadi sebuah tahun baru bagi game konsol yang ada di dunia. Karena Sony Dengan Playstation 5nya dan Microsoft dengan Xbox Series X kabarnya bakal dirilis tahun ini.

Bocoran informasi mengungkapkan tentang spesifikasi yang dimiliki Xbox Series X dan PS5. Dilansir Ibtimes, bocoran menunjukkan bahwa Xbox akan lebih kuat daripada PS5.

Menurut bocoran spesifikasi yang diperoleh Eurogamer, Xbox Series X akan menampilkan GPU dengan 56 unit komputasi kustom Navi aktif (CU), berjalan pada kisaran 1700MHz. Konsol dikatakan menargetkan 12 teraflops (TFLOPs) dari daya komputasi, yang berarti GPU akan menampilkan kecepatan clock sekitar 1680MHz.

Apabila GPU beroperasi pada 1700MHz, konsol akan memiliki daya 12.2TFLOP.

Sementara GPU kustom PS5, dikatakan memiliki 36 CU Navi aktif yang beroperasi pada 2000MHz. Ini berarti 9,2 TFLOP, yang secara signifikan lebih rendah dari 12 TFLOP yang dituju oleh Xbox Series X. Sedangkan untuk memori, Xbox Series X dikatakan menggunakan memori GDDR6 dengan bandwidth 560GB per detik. Ini sekali lagi, lebih besar dibandingkan dengan bandwidth memori 448GB/s yang ditawarkan oleh PS5.

Spesifikasi yang bocor ini melukiskan gambaran, di mana Xbox Series X menang atas PS5 dalam kekuatan pemrosesan. Namun, spesifikasi saja tidak berarti angka penjualan yang lebih tinggi untuk Microsoft.

Piers Hardings-Rolls dari IHS Markit, berbicara dengan GamesIndustry.biz, memprediksi bahwa PS5 akan menjual lebih banyak Xbox Series X bukan karena spesifikasi semata tetapi karena backwards-compatibility.