BRIN Beberkan Mutasi Virus Belum Tentu Sebabkan Virus Tambah Kuat

BRIN Beberkan Mutasi Virus Belum Tentu Sebabkan Virus Tambah Kuat – AEOmedia

AEOmedia.com: BRIN Beberkan Mutasi Virus Belum Tentu Sebabkan Virus Tambah Kuat, beraneka macam informasi sehat itu mudah memang tidak akan pernah ada habisnya jika di bahas, dan uniknya lagi selalu ada hal baru di dalam dunia olahraga, maka dari itu AEOmedia.com Akan membahas yang sedang unik di perbincangkan yaitu BRIN Beberkan Mutasi Virus Belum Tentu Sebabkan Virus Tambah Kuat.

– Peneliti Pusat Riset Biologi Molekuler Eijkman Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Amin Soebandrio mengatakan mutasi pada virus termasuk virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 belum tentu menyebabkan virus bertambah kuat, sebaliknya bisa mengakibatkan virus bertambah lemah.

“Dari sekian banyak mutasi, itu justru sekitar 45 persen menyebabkan virusnya mati,” kata Amin saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Kamis (6/1).

Baca juga :  MUI Sebut Vaksin Covid-19 Merek Zifivax Halal dan Suci - AEOmedia

Amin menuturkan sekitar 30 persen dari mutasi menyebabkan virus bertambah lemah dan sekitar 20 persen tidak menyebabkan perubahan apapun pada virus. Sementara yang menyebabkan virus bertambah aktif atau kuat cuma 4-5 persen dari mutasi.

Amin menuturkan tidak selalu hasil dari mutasi virus menyebabkan kemunculan varian yang lebih berbahaya. Meski peluang bertambah kuat suatu virus dari proses mutasi terbilang kecil, tetap harus diperhitungkan.

Menurut Amin, dari kemungkinan kecil itu, varian hasil mutasi yang berhasil lolos dari tekanan lingkungan seperti dari vaksinasi dan obat-obatan, akan menjadi varian yang lebih kuat.

“Sebenarnya kemungkinannya kecil tapi yang berhasil lolos itu tambah jadi lebih kuat dari tekanan lingkungan baik itu oleh vaksinasi oleh obat dan sebagainya,” tutur Amin.

Baca juga :  Malaysia Putuskan Longgarkan Pembatasan Covid-19 di Lembah Klang - AEOmedia

Amin menuturkan ada kemungkinan varian bisa lolos dari antibodi yang ditimbulkan baik dari vaksinasi maupun infeksi alamiah. “Semua mutasi bisa seperti itu, jadi tergantung mutasinya ada di mana,” ujarnya.

Belum lama varian baru Omicron mencuat, muncul lagi varian baru, yakni varian IHU. Sementara ini, belum ada informasi mengenai ada tidaknya kecenderungan varian IHU lolos dari perlindungan antibodi yang tercipta usai menjalani vaksinasi atau infeksi alamiah.

Kesimpulan
Dari sedikit data di atas semoga memberikan tambahan pendapat seputar dunia sehat bersama dari seluruh dunia. Semoga artikel yang membahas BRIN Beberkan Mutasi Virus Belum Tentu Sebabkan Virus Tambah Kuat Ini menjadikan anda makin tertarik

Baca juga :  Kesal Warga Mudik, Megawati: Saya Sudah 1 Tahun Lebih Tak Ke Mana-mana - AEOmedia

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin.
Repost for: AEOmedia.com

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul BRIN Beberkan Mutasi Virus Belum Tentu Sebabkan Virus Tambah Kuat – AEOmedia yang dipublish pada 6 January 2022 di website Berita Portal Online Terkini - AEOmedia.com

Leave a Comment