Firli Bahuri Tak Hadir di Debat Terbuka, Diklaim untuk Akhiri Polemik

Firli Bahuri Tak Hadir di Debat Terbuka, Diklaim untuk Akhiri Polemik – AEOmedia

AEOmedia.com: Kami merangkum informasi ini dari beraneka macam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami dengan judul Firli Bahuri Tak Hadir di Debat Terbuka, Diklaim untuk Akhiri Polemik.

– Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengakui telah menerima undangan debat terbuka terkait polemik tes wawasan kebangsaan (TWK) dari Indonesia Corruption Watch (ICW). Debat terbuka itu seharusnya dilakukan antara Ketua KPK Firli Bahuri dengan Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi Giri Suprapdiono.

“KPK benar menerima undangan debat terbuka Wawasan Kebangsaan dari Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi pada 3 Juni 2021,” kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat (4/6).

Ali menyatakan, pihaknya telah merespons surat undangan tersebut. Sejak awal enggan untuk menghadiri debat terbuka dengan Giri Suprapdiono, pegawai KPK yang juga termasuk dalam 75 orang tidak lulus TWK.

Baca juga :  AHY Tegaskan TWK Tak Bisa Jadi Penentu Penyingkiran Pegwai KPK - AEOmedia

“Kami telah merespons surat tersebut bahwa Ketua KPK tidak bisa memenuhi undangan tersebut karena ingin mengakhiri polemik di ruang publik terkait dengan alih status pegawai KPK menjadi ASN,” ucap Ali.

“Sesuai dengan undangan yang tercantum, debat publik dilaksanakan di pelataran gedung Merah Putih KPK yang merupakan area publik,” imbuhnya.

Sebelumnya, Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi Giri Suprapdiono mempertanyakan sikap keberanian Ketua KPK Firli Bahuri yang tidak hadir dalam debat terbuka terkait polemik Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Dia menyebut, Firli tidak punya keberanian untuk melakukan debat terbuka terkait polemik TWK yang mengakibatkan 75 pegawai tidak dilantik menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Baca juga :  75 Pegawai KPK Dinonaktifkan, ICW Minta Dewas Periksa Firli Bahuri - AEOmedia

“Padahal berani itu bagian dari nilai antikorupsi itu sendiri. Jadi hari ini saya tidak menantang, jadi saya diundang,” tegas Giri.

Giri menyampaikan, debat terbuka dilakukan agar transparansi terkait polemik TWK bisa diungkap ke publik. Terlebih sampai saat ini, metodologi TWK itu pun dinilai tidak transparan.

“Bahkan orang yang mewawancarai kita pun juga tidak mengetahui kita juga,” ucap Giri.

Menurut Giri, keterbukaan dan transparansi yang menjadi ciri khas tata kelola pemerintahan umum yang baik dilanggar dalam proses pelaksanaan TWK. Dia pun menyesalkan, Firli Bahuri Cs yang tidak memperjuangkan 75 pegwai yang gagal TWK tak dilantik menjadi ASN.

“Saya sebenarnya menyesalkan, karena pimpinan KPK mestinya melindungi pegawainya, memperjuangkan agar KPK ini kuat. Tapi kemudian sepertinya 75 ini seakan-akan diserahkan kepada lembaga lain untuk dijustifikasi bahkan dilabeling tidak bisa dibina,” pungkas Giri.

Baca juga :  Wali Kota Bekasi Dikabarkan Kena OTT KPK, Begini Respons Golkar - AEOmedia

Kesimpulan
Dari sedikit informasi di atas semoga memberikan tambahan paham anda dari apa yang sajikan saat ini. Semoga artikel yang membahas Firli Bahuri Tak Hadir di Debat Terbuka, Diklaim untuk Akhiri Polemik Ini menjadikan anda semakin tertarik dengan sangat mudah dapat info detail dari internet.
[ad_2]
Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Dony

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Firli Bahuri Tak Hadir di Debat Terbuka, Diklaim untuk Akhiri Polemik – AEOmedia yang dipublish pada 5 June 2021 di website Berita Portal Online Terkini - AEOmedia.com

Leave a Comment