Sri Mulyani: Masih Ada 15 Persen Rakyat Belum Dapat Air Bersih

Kemenkeu Sebut Transfer Dana dari Pusat Tak Dimanfaatkan Daerah – AEOmedia

AEOmedia.com: Kemenkeu Sebut Transfer Dana dari Pusat Tak Dimanfaatkan Daerah , pada kesempatan kali ini AEOmedia akan membahas topik lain yaitu tentang Kemenkeu Sebut Transfer Dana dari Pusat Tak Dimanfaatkan Daerah , Kami merangkum portal ini dari berbagai sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami.

–Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebut, transfer anggaran instrumen fiskal dari pusat ke daerah tidak efektif menggenjot perekonomian. Sebab, pemanfaatan penyaluran dana transfer ke daerah dan dana desa atau TKDD masih sangat kecil.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, tersendatnya dana dari pusat ke pemerintah daerah membuat kekuatan mendorong geliat perekonomian di daerah juga ikut mandek pada dua kuartal akhir 2020.

Baca juga :  Jokowi: Pertumbuhan Ekonomi 2022 Diperkirakan Sampai 5-5,5 Persen - AEOmedia

”Mampet atau tidak berjalan waktu ditransfer ke APBD, karena berhenti dan terjadi jeda. Jadi kekuatan untuk mendorong ekonomi terutama di kuartal III-IV tahun lalu sangat menurun,” ujar Sri Mulayni secara virtual, Selasa (4/5).

Menurut dia, pemerintah daerah tidak mengeksekusi dana transfer daerah secara efektif. Berdasar evaluasi yang dilakukan, hingga Oktober 2020, dana TKDD oleh pemerintah pusat sudah disalurkan mencapai 91,4 persen. Namun sayangnya, yang dibelanjakan hanya mencapai 53 persen. Adapun dana yang ditransfer hingga Oktober 2020 sudah mencapai Rp 697,9 triliun.

Menkeu mencatat sisa lebih pembiayaan anggaran (silpa) 2020 pemerintah daerah cukup tinggi. Rata-rata silpa pada anggaran 2020 mencapai 7,83 persen. ”Silpa masih relatif masih tinggi 7,83 persen, bahkan di Palu mencapai 77 persen,” ungkap Sri Mulyani.

Baca juga :  Mendag: Capai Target Pertumbuhan Ekonomi, Ekspor Harus Naik 4 Persen - AEOmedia

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mengatakan hal yang sama. Hingga Maret 2021 terdapat sekitar Rp 182 triliun dana dari APBD provinsi, kabupaten, dan kota yang diendapkan di perbankan. Padahal, dana sebesar itu bisa dimanfaatkan untuk pemulihan ekonomi untuk memperbesar sisi permintaan dan sisi konsumsi.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kemenkeu Sebut Transfer Dana dari Pusat Tak Dimanfaatkan Daerah – AEOmedia yang dipublish pada 5 May 2021 di website Berita Portal Online Terkini - AEOmedia.com

Leave a Comment